Sukses

Food

Apa Tepung Maizena Sama dengan Tepung Kanji? Tidak, Ini Bedanya

Fimela.com, Jakarta Tepung mungkin menjadi salah satu bahan makanan yang hampir selalu ada dalam berbagai olahan makanan, mulai dari kue hingga lauk. Tepung memiliki banyak jenis atau ragam, beberapa di antaranya adalah tepung maizena dan tepung kanji atau tapioka.

Mungkin beberapa orang ada yang bertanya, apa tepung maizena sama dengan tepung kanji? Jawabannya adalah tidak sama. Ini dia sekian perbedaan tepung maizena dan tepung kanji.

1. Bahan dasar

Tepung maizena dan kanji terbuat dari bahan dasar yang berbeda. Tepung maizena berasal dari jagung, oleh karena itu tepung ini juga sering disebut dengan tepung jagung atau corn flour. Sedangkan tepung kanji yang juga disebut dengan tepung tapioka, terbuat dari singkong.

2. Fungsi dan penggunaan

Penggunaan atau fungsi tepung maizena dan kanji sendiri juga lumayan berbeda. Tepung maizena umumnya digunakan dalam pembuatan kue dan sebagai pengental masakan seperti saat membuat sup, vla atau saus. Sedangkan tepung tapioka cenderung digunakan sebagai campuran membuat bakso, pempek, cireng, siomay dan berbagai macam kue basah.

3. Penggunaan yang sama

Uniknya, terkadang tepung maizena dan kanji/tapioka bisa saling menggantikan dalam beberapa penggunakan saat memasak, misalnya untuk mengentalkan saus. Tepung maizena dan tapioka juga bisa saja digunakan untuk membuat kue kering, misalnya semprit dan telur gabus. Baik tepung maizena dan kanji juga biasanya dijadikan campuran pelapis makanan yang digoreng agar memberi tekstur renyah.

4. Tekstur dan warna

Meskipun sekilas tampak sama, tapi tepung maizena cenderung memiliki warna lebih putih bersih. Sedangkan tepung kanji cenderung sedikit kekuningan. Secara tekstur saat dipegang pun keduanya berbeda. Tepung tapioka memiliki tekstur yang lebih licin dan lebih lembut, sedangkan tepung maizena terasa kesat dan lengket.

5. Kandungan gizi

Dilansir dari Fitbit.com tepung maizena memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan tepung kanji. Misalnya dalam 100 gram tepung maizena terdapat 359 kalori dengan kandungan lemak 4%, kalium 3%, karbohidrat 25%, lengkap dengan beberapa vitamin dan mineral. Sedangkan dalam 100 gram tepung tapioka dengan 346 kalori tidak memiliki lemak, vitamin maupun mineral.

Jadi, itu dia sekian perbedaan yang bisa ditemukan dari tepung maizena dan tepung kanji. Keduanya bukanlah tepung yang sama.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading