Sukses

Food

Mengenal Tepung Tapioka, Bahan Dasar dan Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Apa arti tepung tapioka? Kita tentu tak asing dengan yang namanya tepung tapioka. Seperti tepung-tepung lainnya, tepung tapioka menjadi salah satu tepung yang mudah ditemukan di tokok atau pusat perbelanjaan. 

Tepung tapioka merupakan tepung yang memiliki tekstur lembut dan licin. Warnanya juga lebih putih bersih jika dibandingkan dengan tepung lainnya terutama tepung terigu. Tepung tapioka biasa digunakan untuk pengental makanan, roti atau diolah menjadi berbagai makanan dengan tekstur kenyal seperti aci, cenil atau boba.

Bahan Dasar Tepung Tapioka

Tepung tapioka terbuat dari bahan dasar singkong. Tepung tapioka merupakan sari pati singkong. Untuk membuat tepung ini, singkong dikupas kemudian dicuci bersih. Selanjutnya singkong di parut atau dihaluskan kemudian diberi sedikit air dan disaring. Sari pati singkong kemudian diendapkan selama beberapa jam lalu dibuang airnya sampai tersisa tepung pati singkong. 

Tepung yang masih basah kemudian dikeringkan dengan  cara dijemur atau dioven sampai menjadi tepung tapioka yang kering. Tepung awalnya berbentuk kasar dan menggerindil jadi satu. Namun setelah dihaluskan kembali, tepung akan lebih lembut, halus dan licin. Warna tepung tapioka umumnya sangat putih seperti tepung sagu.

Kegunaan Tepung Tapioka

Tepung tapioka memiliki banyak manfaat. Tepung tapioka sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan bakso, atau sering juga dijadikan pengental pada berbagai tumisan. Selain itu, tepung tapioka adalah juga sering digunakan untuk pembuatan pempek, cimol, boba, cireng, cilok, dan batagor.

Tepung tapioka juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue tradisional seperti cenil dan kue mata sapi. Tapung ini juga digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan beberapa jenis kerupuk.

Manfaat Tepung Tapioka untuk Kesehatan

Tepung tapioka dipercaya kaya serta dan karbohidrat. Tepung ini juga mengandung beberapa nutrisi yang baik buat kesehatan. Beberapa manfaat tepung tapioka untuk kesehatan antara lain adalah bantu menaikkan berat badan, menstabilkan tekanan darah, mengobati asam lambung, sehat untuk sistem pencernaan dan menjaga kesehatan tulang. Tepung tapioka bahkan dikatakan mampu menjadi obat demam, sakit kepala serta flu. 

Itulah sekilas tentang arti tepung tapioka, bahan dasar untuk membuatnya, kegunaan serta beberapa manfaatnya untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading