Sukses

Food

Sering Dianggap Serupa, Inilah 5 Perbedaan Tepung Maizena dan Tepung Tapioka yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Sekilas, karena rupa dan tekstur yang sama, tepung maizena dan tepung tapioka sering dianggap serupa. Padahal kedua jenis tepung ini amat berbeda kegunaannya sebagai bahan pelengkap makanan. 

Jika kamu tidak mengenali perbedaannya, maka kamu bisa salah memilih atau mencampurkan tepung ke dalam adonan makanan yang kamu buat. Bisa jadi hidangan yang kamu buat nantinya akan gagal. 

Hal ini karena tepung maizena umumnya digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat kue kering dan bolu. Sedangkan tepung tapioka biasanya digunakan untuk mengentalkan hidangan yang ditumis. 

Lalu, apa saja perbedaan yang mencolok dari kedua tepung ini? Dilansir dari beragam sumber, yuk, cari tahu perbedaan tepung maizena dan tepung tapioka di bawah ini. 

1. Dilihat dari Teksturnya

Tepung maizena dan tepung tapioka bisa dilihat perbedaannya dari tekstur tepungnya. Tepung tapioka memiliki tekstur yang terasa licin saat disentuh oleh tangan. Saat dilarutkan dengan air panas, tepung tapioka akan mengental dan berubah warnanya menjadi bening.

Sementara tepung maizena memiliki tekstur yang kesat saat disentuh oleh tangan. Jika kamu tidak terbiasa memasak, maka kamu akan mudah terkecoh saat memilih atau menggunakan kedua tepung ini. 

2. Dilihat dari Kegunaannya

Tepung maizena dan tepung tapioka juga memiliki perbedaan fungsi atau kegunaan. Walaupun sama-sama dijadikan sebagai bahan komposisi makanan, namun tepung tapioka lebih sering digunakan untuk menjadi bahan dasar aneka jajanan pasar, seperti cireng, cimol, cilok, dan cilor. 

Sedangkan tepung maizena lebih sering dipakai untuk mengentalkan adonan atau makanan manis, seperti fla. Tepung maizena juga sering digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kue kering dan gorengan karena dapat memberikan efek renyah pada gorengan dan kue kering.

3. Dilihat dari Kandungannya

Dari segi kandungan gizinya, tepung maizena dan tepung tapioka sama-sama memiliki kandungan gluten dan protein yang rendah. Maka dari itu, kedua tepung ini tidak dipakai sebagai bahan utama pembuatan kue karena dapat membuat adonan kue bantet dan keras. 

4. Dilihat dari Bahan Baku Tepungnya

Bahan baku tepung tapioka dan tepung maizena sangat berbeda. Tepung tapioka yang juga dikenal dengan istilah tepung kanji ini terbuat dari sari pati singkong. Dalam proses pembuatannya, sari pati harus diendapkan terlebih dahulu selama beberapa hari sebelum melalui proses penggilingan dan akhirnya menjadi tepung tapioka.

Sementara tepung maizena terbuat dari biji jagung. Jadi, tidak heran jika tepung maizena juga dikenal sebagai tepung jagung.

5. Dilihat dari Warna Tepung

Terakhir, perbedaan tepung maizena dan tepung tapioka juga bisa dilihat dengan mudah dari warna tepungnya. Tepung tapioka memiliki warna putih seperti putih susu dan bisa dikatakan tepung tapioka merupakan tepung dengan warna yang paling "putih" dari banyaknya jenis tepung yang ada di pasaran.

Sementara tepung maizena warnanya cenderung kekuning-kuningan dan pucat. Jika dibandingkan dengan warna tepung terigu, warna tepung maizena cenderung lebih keruh dan agak pucat.

What's On Fimela
Loading