Sukses

Health

Batasi Konsumsi Daging Merah, Ini 5 Tips Jaga Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri adalah saat untuk berkumpul bersama keluarga dan saudara. Saat lebaran, berbagai hidangan disajikan untuk memanjakan lidah. Makanan yang biasa disajikan saat lebaran adalah ketupat, opor ayam, rendang sapi, sayur labu, sambal kentang dan ati ampela, dan masih banyak lagi. 

Makanan-makanan yang biasa dihidangkan saat lebaran tinggi akan lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, para penderita kolesterol harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi saat Hari Raya. Para penderita kolesterol dianjurkan untuk menghindari konsumsi daging merah dan makanan yang tinggi garam. Dilansir dari HealthifyMe, berikut adalah 5 tips sehat saat lebaran.

Pilih makanan yang dimasak dengan cara yang sehat

Para penderita kolesterol tinggi harus menghindari makanan yang digoreng. Oleh karena itu, pastikan makanan yang dikonsumsi adalah makanan-makanan yang dimasak dengan cara yang aman, seperti dipanggang, dikukus, atau direbus. 

Konsumsi makanan yang rendah garam, gula, dan lemak

Penderita kolesterol tinggi harus sangat selektif dalam memilih makanan. Hindari makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak. Makanan selama lebaran biasanya sangat beragam, tetapi sangat berlemak. Oleh karena itu, dibutuhkan kebijaksanaan dalam mengonsumsi makanan-makanan yang ada agar tidak berlebihan.

Hindari konsumsi daging merah secara berlebihan

Daging merah adalah makanan yang paling tidak dianjurkan bagi para penderita kolesterol. Rendang, dendeng, hingga empal biasa disajikan saat Hari Raya Idul Fitri. Hindari konsumsi daging merah secara berlebihan agar kadar kolesterol tetap stabil.

Konsumsi sayur dan buah

Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah untuk mengimbangi makanan-makanan yang dikonsumsi selama Hari Raya Idul Fitri. Tubuh membutuhkan vitamin dan serat yang ada di sayur dan buah. Sayur-sayuran seperti selada, tomat, wortel, jagung, dan timun serta buah-buahan seperti apel, pir, pepaya, dan jeruk dapat menjadi pilihan yang pas untuk mendampingi Sahabat Fimela selama Hari Raya Idul Fitri.

Lakukan aktivitas fisik

Olahraga aerobik merupakan olahraga yang paling baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi lemak berlebih selama Hari Raya Idul Fitri harus dibarengi dengan aktivitas fisik yang teratur untuk menghindari adanya penumpukan di tubuh. Sahabat Fimela dapat melakukan olahraga ringan terlebih dahulu untuk memulai, seperti jalan kaki di pagi hari.

Makanan yang tidak dianjurkan bagi para penderita kolesterol

Dilansir dari Mass General Brigham, makanan yang paling tidak dianjurkan bagi para penderita kolesterol adalah produk hewani, seperti daging merah dan produk susu. Saat seseorang mengonsumsi produk susu dan daging, maka kolesterol yang diterima tubuh akan tinggi, terutama tingkat lemak jenuh. Bagi para penderita kolesterol, kurangi asupan lemak jenuh. Berikut adalah makanan-makanan yang tidak dianjurkan bagi para penderita diabetes:

  • Daging merah (sapi, babi, domba, dan produk daging olahan)
  • Produk susu (krim, susu, butter)
  • Kue dan manisan
  • Gorengan
  • Minyak sawit dan minyak kelapa

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading