Sukses

Food

5 Tips Mencuci Kangkung agar Bersih Hingga ke Sela-Sela

Fimela.com, Jakarta Sayur kangkung mungkin merupakan salah satu sayur yang mudah didapat di pasar dengan harga relatif murah. Cara memasaknya juga mudah, bisa ditumis, direbus atau disayur asem dan sayur bening. Tapi sebelum itu, kita perlu memastikan bahwa sayur kangkung bersih saat dicuci agar bebas dari kotoran yang terbawa dan bakteri. Ini tips mencuci kangkung agar bersih.

1. Belah dan potong-potong batangnya

Karena batang kangkung yang berongga, dikhawatirkan ada binatang yang tinggal di dalamnya seperti ulat, semut bahkan lintah. Jadi untuk mencegah adanya hewan yang ada di dalam batang kangkung, kita perlu membelah batang kangkung saat memotongnya menjadi lebih pendek. Cara ini juga bisa memberi akses menyeluruh saat dibersihkan nantinya.

2. Bilas beberapa kali

Setelah dipotong-potong, cuci bersih kangkung dalam baskom berisi penuh air. Ulangi membilas sayur kangkung beberapa kali sambil sesekali dibersihkan bagian batang dan daunnya karena seringkali membawa tanah atau debu. Boleh juga dibilas di bawah kran air mengalir sehingga lebih mudah dibersihkan hingga ke sela-sela.

3. Tambahkan garam dalam air

Setelah dua kali bilas dan sayur kangkung cukup bersih, tambahkan 1 sdm garam ke dalam air cucian kangkung. Aduk dulu hingga garam larut kemudian rendam sebentar kangkung di dalamnya. Air garam berguna merontokkan binatang-binatang kecil beserta telurnya yang terkadang menempel di batang dan daun kangkung. Setelah direndam, bilas bersih.

4. Jangan diremas

Selama proses pencucian kangkung, usahakan jangan meremasnya karena daun kangkung rentan hancur jika diremas. Bahkan terkadang ketika terlalu lama direndam, daunnya akan larut, lembek atau hancur. Jadi berhati-hatilah saat mencucinya. Usahakan airnya banyak dan langsung ditiriskan sata pembilasan pertama dan kedua untuk membersihkan dari tanah dan lumpur.

5. Buang bagian batang terbawah

Jika tidak ingin terlalu kotor saat mencuci kangkung, sebaiknya jangan ikutkan batang paling bawah yang dekat dengan akar. Potong 4-5 cm batang kangkung dari akarnya. Cara ini juga bisa sekalian menyortir batang kangkung yang keras dan daunnya yang rusak atau sudah tua.

Itu dia sekian tips mencuci kangkung yang bisa dicoba di rumah agar masak tetap bersih higienis. Semoga bermanfaat.

#Breaking Boundaries

Loading