Sukses

Health

5 Penyebab Ingin Buang Air Kecil Terus Menerus yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu pernah mengalami masalah yang berkaitan dengan buang air kecil dan sulit atau tidak dapat ke kamar mandi tepat waktu maupun jika ada keinginan untuk buang air kecil yang datang tiba-tiba. Masalah buang air kecil yang mendesak atau tiba-tiba tentu dapat terjadi secara bersamaan.

Sering buang air kecil ternyata menggambarkan kebutuhan air yang lebih banyak dari biasanya, tetapi ternyata hal ini tidak memiliki definisi yang jelas mengapa seseorang sering buang air kecil. Memiliki masalah dengan buang air kecil yang terus menerus tentu perlu diketahui penyebabnya.

Masalah satu ini juga dapat berkaitan dengan infeksi pada saluran kemih atau masalah lainnya. Nah, berikut beberapa penyebab ingin buang air kecil terus menerus yang sering bikin penasaran:

1. Diabetes

Salah satu penyebab seseorang mengalami buang air kecil terus menerus adalah dapat disebabkan oleh diabetes yang dialaminya, hal ini dikarenakan oleh tubuh yang mencoba membuang glukosa dan tidak terpakai melalui urin.

2. Kehamilan

Pada perempuan yang memasuki masa awal kehamilan, juga akan lebih sering membuang air kecil. Rahim yang tumbuh akan memberi tekanan pada kandung kemih sehingga akan menyebabkan sering buang air kecil yang terjadi pada beberapa orang.

3. Penggunaan Diuretik

Obat-obatan satu ini ternyata digunakan untuk mengobati tekanan darah yang tinggi atau adanya penumpukan cairan yang bekerja pada ginjal, maka dari itu dapat membuang kelebihan cairan dari tubuh serta menyebabkan seseorang sering buang air kecil.

4. Hiperkalsemia

Hiperkalsemia menandakan bahwa kadar kalsium dalam darah di atas normal, hal ini dapat menyebabkan termasuk kelenjar paratiroid yang terlalu aktif atau penyakit lainnya. Sering buang air kecil termasuk salah satu gejala dari hiperkalsemia, selain itu beberapa gejala lainnya termasuk seperti di bawah ini

  • Rasa haus yang berlebihan.
  • Sakit perut.
  • Mual dan muntah.
  • Sembelit.
  • Nyeri dan kelemahan tulang dan otot.

5. Pengaruh Pola Makan

Terkadang kamu harus menghindari makanan yang tampaknya mengiritasi kandung kemih maupun bertindak sebagai diuretik. Hal ini termasuk kafein, alkohol, minuman berkarbonasi, maupun makanan pedas lainnya. Sangat penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi karena sembelit dapat memperburuk gejala sindrom kandung kemih yang terlalu aktif.

Kondisi di balik seringnya buang air kecil sendiri ternyata dapat berkisar dari biasa hingga menampakkan hal yang serius, untuk masalah ini kamu perlu periksa ke dokter tentang apapun yang di luar pola buang air kecil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading