Sukses

Health

5 Jenis Pemanis Buatan yang Berbahaya bagi Kesehatan jika Dikonsumsi secara Berlebihan

Pemanis buatan sering menjadi alternatif komposisi yang ditambahkan dalam makanan dan minuman. Mereka yang ingin mengurangi kalori dan mengurangi asupan gula sering beralih ke produk-produk ini ketika mencari pengganti yang mudah untuk pemanis makanan dan minuman.

Salah satu pilihan pengganti gula adalah pemanis buatan. Pemanis buatan, atau pengganti gula, adalah bahan kimia yang ditambahkan ke beberapa makanan dan minuman untuk membuatnya terasa manis. Orang sering menyebut mereka sebagai "pemanis intens" karena mereka memberikan rasa yang mirip dengan gula meja tetapi hingga beberapa ribu kali lebih manis.

Namun, dalam beberapa kasus, penggantian ini mungkin lebih berbahaya daripada manfaatnya bagi kesehatan. Meskipun beberapa kalori dan karbohidrat lebih rendah dari gula biasa, beberapa telah dikaitkan dengan masalah pencernaan, gangguan kontrol gula darah, dan perubahan bakteri usus yang menguntungkan.

Supaya kamu lebih waspada, berikut Fimela.com akan mengulas 5 jenis pemanis buatan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Sakarin

Sakarin adalah pemanis buatan yang sering digunakan sebagai pengganti gula dalam minuman ringan dan permen rendah kalori, permen karet, dan makanan penutup.

Karena tubuh tidak dapat mencernanya, bahan ini dianggap sebagai pemanis non-gizi, yang berarti tidak mempengaruhi kalori atau karbohidrat dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pemanis bebas kalori seperti sakarin sebagai pengganti gula biasa dapat mengurangi asupan kalori untuk mendukung penurunan berat badan.

Meskipun demikian, sakarin juga dapat membahayakan kesehatan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi sakarin dapat menyebabkan perubahan mikrobioma usus dan dapat mengurangi bakteri usus yang baik, yang memainkan peran sentral dalam segala hal mulai dari fungsi kekebalan tubuh hingga kesehatan pencernaan.

Gangguan pada bakteri menguntungkan dalam usus juga dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan, termasuk obesitas, penyakit radang usus (IBD), dan kanker kolorektal. Namun, masih banyak penelitian yang diperlukan untuk mengevaluasi bagaimana sakarin dapat mempengaruhi kesehatan manusia secara keseluruhan.

Aspartame

Aspartame adalah pemanis buatan populer yang sering ditemukan dalam produk seperti soda bebas gula, es krim, yogurt, dan permen. Seperti pemanis buatan lainnya, ini bebas karbohidrat dan kalori, menjadikannya pilihan populer di kalangan mereka yang ingin meningkatkan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aspartame dapat merusak pinggang dan kesehatan. Sebagai contoh, satu ulasan dari 12 studi menemukan bahwa menggunakan aspartame sebagai pengganti gula tidak mengurangi asupan kalori atau berat badan. Terlebih lagi, dibandingkan dengan gula, aspartam dikaitkan dengan kadar kolesterol HDL (baik) yang lebih rendah, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beberapa orang juga mengklaim bahwa aspartame dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, pusing, dan depresi, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan pada efek samping potensial ini.

Sucralose

Sucralose paling sering ditemukan dalam Splenda pemanis buatan nol kalori, yang sering digunakan sebagai pengganti gula untuk mempermanis minuman panas seperti kopi atau teh. Banyak penelitian menunjukkan bahwa Sucralose tidak mempengaruhi kadar gula darah atau mengubah hormon yang terlibat dalam kontrol gula darah ke tingkat yang sama seperti gula.

Namun, satu penelitian mencatat bahwa mengkonsumsi sucralose meningkatkan kadar gula darah dan insulin pada 17 orang gemuk yang biasanya tidak menggunakan pemanis non-nutrisi. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemanis ini mungkin memiliki efek samping berbahaya lainnya.

Sebagai contoh, beberapa penelitian telah menemukan bahwa sucralose dapat dikaitkan dengan pengurangan bakteri usus yang baik, risiko peradangan yang lebih tinggi, dan peningkatan berat badan. Memanaskan sesuatu dengan sucralose juga bisa berbahaya karena pembentukan kloropropanol, yang merupakan senyawa kimia yang dianggap beracun.

Acesulfame K

Acesulfame K juga dikenal sebagai acesulfame potassium atau Ace-K, sering dikombinasikan dengan pemanis lain karena rasanya yang agak pahit. Ace-K biasanya ditemukan pada makanan penutup beku, makanan yang dipanggang, permen, dan permen rendah kalori. Ini adalah salah satu dari sedikit pemanis buatan yang tahan panas.

Meskipun dianggap aman oleh Food and Drug Administration (FDA), Ace-K tetap menjadi salah satu pemanis buatan yang paling kontroversial. Bahkan, beberapa peneliti telah menyerukan evaluasi lebih lanjut dari efek yang berpotensi menyebabkan kanker, mengutip metode pengujian yang tidak memadai dan cacat yang awalnya digunakan untuk menentukan keamanannya.

Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa paparan jangka panjang dapat membahayakan aspek kesehatan yang lain. Sebagai contoh, satu studi selama 40 minggu mencatat bahwa penggunaan teratur Ace-K mengganggu fungsi mental dan memori.

Xylitol

Xylitol adalah alkohol gula yang diekstraksi dari pohon birch dan ditambahkan ke banyak permen karet, mint, dan pasta gigi. Dibandingkan dengan gula biasa, gula ini memiliki indeks glikemik (GI) yang secara signifikan lebih rendah, yang berarti gula tidak akan meningkatkan kadar gula darah atau insulin sampai pada tingkat yang sama seperti gula.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa xylitol mungkin sangat efektif untuk mencegah gigi berlubang pada anak-anak dengan risiko efek samping yang minimal. Ini juga telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan lainnya dalam penelitian pada hewan dan tabung percobaan, termasuk pengurangan pertumbuhan bakteri dan peningkatan volume tulang dan produksi kolagen.

Namun, xylitol dapat memiliki efek pencahar dalam dosis tinggi dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk buang air besar dan gas. Ini juga dapat memicu gejala pada orang dengan sindrom iritasi usus besar, yang merupakan kondisi kronis yang memengaruhi usus besar dan menyebabkan gejala seperti sakit perut, gas, diare, dan sembelit.

Untuk alasan ini, umumnya disarankan untuk memulai dengan dosis kecil dan perlahan-lahan meningkatkan kemampuan untuk menilai toleransi terhadap xylitol atau alkohol gula lainnya. Juga, perlu diingat bahwa xylitol sangat beracun bagi anjing dan dapat menyebabkan gula darah rendah, gagal hati, dan bahkan kematian.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading