Sukses

Info

Departemen Sastra Inggris Universitas Negeri Malang Gelar Pelatihan Digital Konten bersama Kapanlagi Youniverse

Fimela.com, Jakarta Industri kreatif saat ini semakin berkembang. Tak heran, kebutuhan informasi tentang industri digital konten pun meningkat. Sebagai upaya untuk memenuhi kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Departemen Sastra Inggris, Universitas Negeri Malang menggelar pelatihan digital konten bersama Kapanlagi Youniverse.

Acara yang sukses digelar selama 3 tahap ini berjudul PENINGKATAN KEMAMPUAN PROFESI DIGITAL CONTENT CREATION MELALUI PELATIHAN ALUMNI DAN CALON ALUMNI SASTRA INGGRIS UM. Program yang bersumber dari Non-APBN UM ini pun sukses digelar, mulai tanggal 31 Juli hingga 20 Agustus 2023.

Pelatihan untuk Menyiapkan Calon Alumni yang Berkompeten

Program ini dilaksanakan berdasar rasional dan gagasan dari hasil riset yang menunjukkan pentingnya para (calon) alumni untuk menguasai berbagai keterampilan digital. Seperti pembuatan konten sosial media serta penguasaan pelantar dan piranti pendukungnya. Hal ini seperti yang disampaikan, Herditya Wahyu Widodo, S.S., M.A., Ketua Pelaksana kegiatan ini pada acara pembukaan Workshop (31/7).

“Peningkatan penguasaan ini memang sekaligus kita jadikan sebagai sasaran utama, mengingat ketrampilan digital sepertinya telah dan akan menjadi salah satu soft-skill utama untuk meningkatkan daya saing alumni Departemen dan UM pada umumnya.” 

Program ini dilaksanakan melalui kerjasama bersama perusahaan yang telah banyak berpengalaman di dunia digital dan media, KAPANLAGI YOUNIVERSE. Turut hadir sebagai mitra Departemen dalam kegiatan ini adalah Mahardi Eka Putra (Editor in Chief of Kapanlagi.com), Tri Wahyu Utami (Leader of Social Media’s Entertainment and Sport in Kapanlagi.com), Rita Sugihardiyah (Vice President of Entertainment and Lifestyle Content of KLY), Ellyana Mayasari (Editor in Chief of Fimela.com), Ayu Puji Lestari (Assistant Managing Editor of Fimela.com), Audrin Grace Ishteria (Graphic Motion Editor of Kapanlagi.com) dan M Ustman Mujaddid (Head of Multimedia, Entertainment and Lifestyle of KLY). Dari Departemen Sastra Inggris juga hadir Mochamad Nasrul Chotib, M.Hum sebagai pendamping selama kegiatan ini berlangsung.

Dibagi Menjadi Tiga Tahapan untuk Hasil yang Lebih Optimal

Agar hasil workshop ini lebih intens dan optimal, kegiatannya dibagi menjadi tiga tahapan. Sesi pertama adalah workshop dan seminar yang diadakan pada 31 Juli - 01 Agustus 2023. Sesi ini menyajikan materi menarik dan tepat sasar dengan tema seperti kebutuhan dan kondisi industri kreatif saat ini, seluk beluk berbagai pelantar sosial media, penulisan kreatif dan pembuatan video sesuai standar pasar modern. Seluruh materi disajikan oleh para profesional dan pelaku pasar yang telah berpengalaman selama puluhan tahun menekuni dunia digital media di Kapanlagi Youniverse.

Tahap kedua dilaksanakan dalam bentuk pendampingan pembuatan karya digital secara asinkron pada 01 - 17 Agustus 2023. Sesi ini merupakan inti kegiatan mengingat pada tahap inilah peserta diberi kesempatan berkreasi membuat berbagai karya digital sesuai minat dan kebutuhan mereka. Seluruh karya peserta juga mendapat masukan, saran serta komentar profesional dari para pemateri Kapanlagi Youniverse yang juga akan menyeleksi beberapa produk terbaik buatan peserta.

Tahap ketiga dilaksanakan pada 20 Agustus 2023 dalam format presentasi atau unjuk kerja peserta dengan produk digital terbaik sesuai pilihan pemateri dari Kapanlagi Youniverse. Sesi ini juga yang membuat program pengabdian ini lebih unggul dibanding program sejenis mengingat kegiatan benar-benar dipusatkan pada prinsip (materi) untuk peserta, (produk) dari peserta dan (presentasi) oleh peserta. Tahap ini ditutup dengan presentasi oleh pemateri dari Departemen untuk mengingatkan peserta pentingnya keterkaitan antara industri kreatif dan kecerdasan buatan. 

Harapannya program ini bisa menjadi bekal untuk alumni dan calon alumni UM untuk berkarier di dunia digital konten. Karena, industri ini benar-benar tidak terbatas dasar keilmuan saja, semua orang dengan latar belakang apapun bisa berkarier di sini.

“Program ini memang kita desain sebagai semacam pilot project begitu. Kedepannya, pelatihan dan kegiatan serupa akan kita jalankan dengan target peserta yang lebih luas.” Tutup, Herditya Widodo selaku ketua kegiatan.

Well, seru kan Sahabat Fimela? Tertarik untuk bergelut di dunia digital konten juga?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading