Sukses

Lifestyle

Tidak Kalah Gurih, 5 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Santan

Fimela.com, Jakarta Terkadang ketika santan habis di pasar atau lupa beli santan, atau mungkin sedang menghindari makanan bersantan, orang kebingungan bagaimana tetap bisa membuat makanan gurih, meski tanpa santan. Bisa banget kok Sahabat Fimela, kita bisa menggunakan bahan makanan lain sebagai pengganti santan, seperti berikut ini.

1. Susu sapi

Bahan paling mudah mengganti santan adalah dengan susu cair putih. Perbandingannya sama seperti menggunakan santan biasa. Akan lebih baik menggunakan susu yang plain atau tanpa rasa.

2. Heavy cream

Whipped cream atau heavy cream juga bisa menggantikan peran santan dengan kekentalan dan rasa gurih yang hampir sama. Gunakan secukupnya seperti saat menggunakan santan kental.

3. Krimer

Bubuk krimer bisa dilarutkan dengan air secukupnya dan dituangkan ke dalam masakan. Penambahan krimer sebagai pengganti santan tidak akan mengubah rasa makanan, tetap enak kok.

4. Susu nabati

Bisa menggunakan susu kedelai, almond atau yang lainnya. Namun hasilnya kemungkinan tidak akan sekental santan, namun memiliki tampilan mirip makanan bersantan.

5. Yogurt

Jika punya yogurt plain atau tanpa rasa, juga bisa digunakan untuk menggantikan santan. Perlu diperhatikan berapa banyak penambahan yogurt karena rasanya yang asam. Selalu cek rasa setelah menambahkan beberap sendok yogurt.

Itu dia sekian bahan makanan yang bisa jadi pengganti santan. Kini tak perlu bingung lagi jika kehabisan santan di rumah ya.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading