Sukses

Lifestyle

Kopi Jamur, Minuman Sehat Baru yang Jadi Tren

Fimela.com, Jakarta Para pecinta kopi mungkin sudah dengar yang namanya butter coffee. Kopi yang diracik menggunakan butter ini beberapa waktu lalu sempat menjadi tren di beberapa negara. Namun, kamu mungkin belum pernah dengar yang namanya mushroom coffee atau kopi jamur. 

Kopi biasa memiliki banyak efek samping seperti memicu insomnia, detak jantung yang cepat dan mengandung kafein yang sangat tinggi. Sementara, kopi yang terbuat dari jamur ini dipercaya nggak memiliki efek samping sama sekali. 

Dilansir dari the Independent, pencipta kopi jamur Four Sigmatic dari Finlandia ini mengklaim kopi jamur tetap mengandung kafein yang sama kuatnya dengan kopi biasa. Namun, bebas dari efek samping yang biasa ditimbulkan kopi biasa. 

Pendiri Four Sigmatic, Tero Isokauppila mengatakan kepada Food Republic kalau orang kini masih merasa aneh dengan produk yang mereka kenalkan. Namun, dia berharap orang akan dengan segera familiar dengan kopi jamur. 

Pasalnya, kopi jamur nggak cuma bikin kamu melek saat harus kerja di malam hari, atau berenergi setiap pagi, tapi juga memiliki khasiat untuk kesehatan. 

Khasiat Kopi Jamur

Kopi jamur ini ternyata bukan sembarang kopi.  Menurut Tero, kopi milik firmanya yang spesial ini dibuat melalui proses pencairan dan pengeringan berbagai jenis jamur. Baru kemudian dicampur dengan kopi regular. 

Salah satu jamur yang ada di dalam racikannya adalah maitake. Jamur ini dipercaya bisa membantu mengatur kadar gula darah. 

Pakai Jamur Chaga

Selain jamur maitake, juga ada chaga. Jamur inilah yang membuat asam lambung nggak naik. Sehingga, Tero yakin, kopi jamur buatannya aman dikonsumsi orang dengan maag dan gangguan lambung. 

Meskipun begitu, editor nutrisi di Health.com mengatakan kalau ada sebuah penelitian yang mengindikasi kalau jamur memang memiliki khasiat, tapi memiliki risiko yang tinggi kalau dicampur dengan kopi. Apa lagi kalau kamu lakukan sendiri di rumah, tanpa ada bimbingan dari ahli. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading