Sukses

Lifestyle

Legenda Pohon Keramat, Hati-Hati Jika Melintas di Dekatnya

Ladies, mungkin Anda sudah sangat akrab dengan berbagai kisah hantu atau cerita-cerita gaib. Atau mungkin Anda pernah mengalami kisah mistis sendiri. Memang kadang fenomena gaib membuat beberapa orang tidak bisa tidur nyenyak. Tetapi seandainya Anda bisa memahami bahwa mereka hidup di dimensi yang berbeda dengan manusia dan juga hidup layaknya manusia pada umumnya, mungkin tidak ada lagi yang perlu Anda khawatirkan.

Dalam beberapa legenda, pohon menjadi benda yang dikeramatkan. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri karena biasanya pohon memiliki usia yang lebih panjang dari manusia, atau memiliki tinggi yang sangat menjulang hingga terlihat seperti dekat sekali dengan langit. Ada juga pohon yang meskipun meranggas tetapi tetap kokoh berdiri bertahun-tahun. Nah, mari simak apa saja legenda pohon keramat yang pernah ada seperti dilansir dari listverse.com.

(vem/hyn)

Pohon Kalpa

Pohon ini juga dikenal dengan nama Kalpavriksha, pohon ini konon katanya dikenal sebagai pohon pengharapan. Namun ternyata ada cerita yang lebih rumit lagi tentang pohon tersebut. Meskipun pohon ini bukan satu-satunya pohon di India yang dikeramatkan karena dipercaya dihuni oleh roh leluhur yang bisa mengabulkan segala permintaan. Orang India sering melakukan ritual untuk berdoa di pohon Kalpa ini karena dianggap memiliki hubungan langsung dengan Tuhan.

Bahkan Alexander Agung juga mencari pohon tersebut agar harapannya juga terpenuhi. Selain tentang harapan, pohon Kalpa juga sering digunakan sebagai tempat berdoa orang-orang yang akan pergi ke pengadilan. Entah benar atau salah, namun orang-orang India masih menjaga kepercayaan mereka. Tetapi Ladies, jangan sampai Anda hanya berdoa agar harapan Anda terkabul tanpa melakukan usaha untuk mewujudkannya.

Pohon Beringin

Menurut legenda, di bawah pohon beringin ini dahulunya digunakan sebagai tempat duduk dewa Buda. Selain itu hingga kini sering kali pohon beringin menjadi sasaran tempat yang angker dan masih banyak hal-hal gaib lainnya. Sebuah cerita mengungkapkan dahulu kala ada seorang ayah yang anaknya mengambil buah dari pohon beringin kemudian melihat bagaimana bentuk benih di dalamnya. Namun sang anak melihat tidak ada apapun di dalam buah yang seharusnya berisi benih tersebut.

Kemudian sang ayah menjelaskan bahwa dari situlah pohon beringin yang berubah menjadi besar tersebut berasal. Dari cerita tersebut sang ayah ingin mengajarkan bahwa banyak hal besar yang terjadi dalam hidup bisa datang dari hal kecil atau bahkan orang yang tidak memiliki apapun. Selain itu orang percaya bahwa pohon beringin tidak pernah berhenti tumbuh, termasuk akarnya yang tumbuh menembus hingga ke lapisan tanah yang sangat dalam. Kepercayaan lainnya menilai bahwa pohon beringin termasuk salah satu pohon yang abadi.

Pohon Nariphon

Salah satu cerita rakyat yang menjadi legenda bagi warga Thailand juga melibatkan pohon yang disebut Nariphon. Seorang istri pangeran diasingkan ke hutan Himvanti kemudian menemukan pohon yang bentuknya mirip seperti wujud perempuan. Pohon-pohon tersebut melindungi perjalanan istri pangeran karena dia kebal dengan pesona yang ditunjukkan oleh pohon tersebut. Namun laki-laki-laki harus berhati-hati jika melintasi daerah tersebut.

Jika seorang laki-laki yang melintasi pohon ini kemudian tergoda dengan wujud yang dilihatnya dan melakukan hubungan intim. Maka laki-laki tersebut akan kehilangan seluruh kekuatannya dan berpindah kepada pohon tersebut. Mungkin legenda tersebut ingin mengajari kita agar tidak terlalu mudah tergoda dengan keindahan dunia.

Pohon Zaqqum

Kaum muslim mengenal pohon Zaqqum sebagai pohon yang hanya ada di neraka. Hal ini dijelaskan dalam Al Qur'an bahwa pohon ini memiliki buah yang sangat pahit digunakan untuk memberi makan penghuni neraka yang semasa di dunia menjadi pengemis. Penghuni neraka akan merasa kelaparan dan tidak memiliki pilihan lain selain memakan buah dari pohon Zaqqum ini. Baunya sangat busuk dan kemudian akan diberikan minuman air yang sangat panas. Ini menyebabkan tubuh mereka hancur seperti lelehan daging dan tumpukan tulang. Kemudian mereka akan kembali lagi ke neraka dan mengulangi siksaan itu.

Pohon Sky-High

Legenda yang datang dari Hongaria ini dimulai ketika ada seorang anak penggembala yang menyelinap masuk ke kebun raja. Kemudian anak tersebut melihat pohon yang sangat besar dan megah sehingga membuat dirinya ingin sekali untuk memanjat. Dari atas pohon tersebut si anak sangat takjub dengan apa yang dilihatnya, semua rumah penduduk dan kerajaan juga seluruh gereja tampak di penglihatannya.

Di Siberia, legenda pohon yang menjulang hingga ke langit tersebut juga cukup populer. Menurut kepercayaan mereka, langit juga membutuhkan sesuatu untuk menopangnya. Selain itu juga disebutkan jika pohon akan membungkuk ketika tingginya sudah mencapai menyentuh langit. Bahkan ada yang percaya bahwa pohon tersebut merupakan portal ke dunia lain, yang lebih heboh lagi ada yang percaya jika seseorang mampu mencapai ujung pohon Sky-High ini, maka dia akan menemukan beberapa pintu ke surga.

Bunga Teratai

Keunikan bunga ini juga tidak lepas dari mitologi yang berkembang menjadi beragam cerita. Karena memang bunga ini bisa tumbuh di berbagai negara. Salah satunya dayang dari Yunani, ada dewi muda bernama Dewi Teratai, dia mengubah dirinya menjadi pohon karena kekejaman seksual yang dilakukan oleh dewa bernama Priapus.

Selain itu dalam legenda Homer diceritakan ketika Odiseus dan anak buahnya menjajaki tanah Lotus Eaters. Oang-orang tersebut dengan sengaja memakan buah dari bunga teratai, beberapa saat kemudian mereka lupa dengan apa yang paling penting dalam hidup mereka. Wah mengerikan sekali ya Ladies jika Anda sampai lupa dengan hal paling penting dalam hidup. Legenda tersebut konon mengajarkan bahwa orang yang selama hidupnya terlalu banyak bergaya, sebenarnya hidup mereka itu hambar. Maka diajarkan agar selama hidup bisa bersikap rendah hati.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading