Sukses

Lifestyle

Makanan Tepat Untuk Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit dimana hormon insulin yang bertugas menjaga kestabilan kadar gula darah melemah sehingga fungsinya tidak lagi optimal. Diabetes tipe 2 umumnya diderita seseorang yang memiliki pola makan tidak sehat dan jarang berolahraga. Selain itu, diabetes tipe 2 lebih banyak diderita orang pada usia 35 tahun ke atas berbeda dengan diabetes tipe 1 yang lebih banyak diderita oleh orang pada usia di bawah 20 tahun.

Asupan nutrisi adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 haruslah makanan yang rendah kalori, mengandung lemak tak jenuh, dan rendah karbohidrat. Ini untuk mengontrol berat badan yang sering menjadi masalah bagi penderita diabetes tipe ini.

Makanan-makanan manis tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Anak kecil biasanya sangat menggemari makanan manis. Meskipun pada umumnya diabetes tipe ini menyerang orang tua, anak kecil pun tidak sepenuhnya terhindar. Kalau anak Anda menderita diabetes tipe ini, sebaiknya tidak mengonsumsi kentang atau nasi setelah mengonsumsi kue, permen, atau makanan manis lainnya.

Serat juga tidak kalah penting dengan kandungan lain. Dijelaskan dalam nlm.nih.gov, sayuran seperti bayam, brokoli dan wortel mengandung banyak serat serta vitamin. Apabila dikombinasikan dengan buah dan susu rendah lemak atau yogurt, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tanpa harus memasukkan banyak glukosa.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading