Sukses

Lifestyle

Selain Ketupat, Ini Makanan Sejenis yang Hanya Ada Saat Lebaran di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Bagi dirimu yang merayakannya, sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut kedatangannya?

Bicara mengenai Lebaran, salah satu hal yang paling identik dari Lebaran adalah sajian ketupat. Ya, selama ini ketupat seolah menjadi makanan wajib yang ada di meja makan saat Lebaran. Ketupat sendiri merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dimasak di dalam janur atau daun kelapa muda hingga matang seperti lontong. Ketupat biasa disajikan bersama opor ayam, gulai nangka muda, gulai kambing, sate, rendang dan sebagainya.

Oh iya, selain ketupat, ternyata ada makanan lain sejenis yang hanya ada saat Lebaran saja lho. Makanan-makanan yang mirip dengan ketupat ini biasa disajikan untuk keluarga tercinta dengan pendamping opor atau rendang. Apa saja makanan tersebut? Simak yang berikut ini.

Lemang Hingga Kue Tipan

Lemang

Lemang merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan. Lemang dimasukkan ke dalam bambu yang telah dilapisi daun pisang kemudian dibakar hingga matang. Lemang adalah sajian Lebaran khas Sumatera Utara khusunya bagi masyarakat muslim Tapanuli. Lemang umumnya disajikan bersama masakan berkuah.

Buras

Buras merupakan makanan yang mirip dengan lontong karena terbuat dari beras. Buras merupakan makanan khas Makassar dengan rasa yang gurih dan sedap khas. Buras biasanya disajikan bersama Coto Makassar saat Hari Raya atau Lebaran.

Kue Timpan

Kue timpan merupakan kue yang wajib ada di setiap rumah di Aceh. Kue ini terbuat dari pisang raja, tepung ketan, air, telur ayam, gula, pasir, nangka, daun pandan, kelapa parut dan santan kental. Kue tipan memiliki rasa yang gurih manis khas. Kue ini dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang.

Lepet Ketan dan Sekubal

Lepet Ketan

Ini merupakan makanan sejenis ketupat yang biasa disajikan di Hari Raya di Manado. Tak hanya disajikan di Manado, lepet ketan juga menjadi sajian Hari Raya untuk beberapa masyarakat di Jawa khusunya di Jawa Tengah.

Sekubal

Ini merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan asal Lampung. Makanan ini merupakan sajian wajib saat Hari Raya atau Lebaran yang biasa disajikan bersama masakan kuah, rendang atau opor.

Itulah beberapa makanan khas Hari Raya yang mirip dengan ketupat. Kalau Sahabat Fimela, apa makanan favoritmu di Hari Raya? Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Pasang Tugu Sepatu untuk Mempercantik Jakarta
Artikel Selanjutnya
Jakarta Menduduki Peringkat 9 di Dunia Terkait Polusi Udara, Data Menunjukan PSBB dan PPKM Tidak Berpengaruh