Sukses

Lifestyle

10 Makanan Khas Papua dengan Cita Rasa Menggugah Selera

Fimela.com, Jakarta Papua menjadi salah satu provinsi terluas di Indonesia yang memiliki ragam budaya, wisata dan kuliner mengesankan. Papua juga dikenal sebagai salah satu surga wisata alam di Indonesia bahkan dunia.

Tak hanya memiliki kekayaan alam yang mengesankan, Papua juga dikenal sebagai salah satu daerah dengan ragam kuliner menggugah selera. Ada beragam kuliner dengan cita rasa khas, unik dan pastinya enak.

Penasaran apa saja makanan khas Papua yang memiliki cita rasa khas dan menggugah selera? Simak yang berikut ini.

Pepeda, Ikan Bakar Manokwari hingga Sate Ulat Sagu

Papeda

Makanan khas Papua pertama ada papeda. Ini merupakan makanan yang terbuat dari sagu. Papeda berbentuk seperti bubur sumsum namun warnanya lebih bening, teksturnya lengket dan rasanya cukup hambar. Papeda biasanya disajikan bersama masakan berkuah kaya rempah sehingga menciptakan rasa yang menggugah selera.

Ikan Bakar Manokwari

Makanan selanjutnya adalah ikan bakar Manokwari. Ikan bakar ini memiliki cita rasa yang khas menggugah selera. Dibuat dengan bumbu rempah khas Papua dan ikan segar, ikan bakar Manokwari sangat cocok disantap bersama nasi putih atau papeda.

Udang Selingkuh

Makanan khas Papua selanjutnya ada udang selingkuh. Udang ini memiliki badang seperti udang dengan capit besar mirip kepiting. Udang selingkuh sangat populer di daerah Wamena, Papua Barat.

Martabak Sagu

Sagu memang menjadi makanan pokok warga Papua. Selain diolah menjadi papeda, sagu juga diolah menjadi martabak. Martabak sagu adalah martabak khas Papua dengan cita rasa manis dan enak menggugah selera.

Sate Ulat Sagu

Sate ulat sagu menjadi makanan khas Papua yang begitu populer. Ini menjadi salah satu makanan ekstrem Papua yang diminati banyak orang termasuk wisatawan mancanegara.

Bubur Sagu, Kue Lontar hingga Colo-colo

Bubur Sagu

Makanan selanjutnya ada bubur sagu. Bubur sagu terbuat dari tepung sagu. Bubur sagu memiliki cita rasa manis menggugah selera. Disajikan bersama gula kelapa dan santan kelapam bubur sagu akan sangat menggugah selera.

Ikan Bungkus

Makanan ini mirip dengan pepes. Tapi, untuk ikan bungkus khas Papua ini umumnya terbuat dari ikan laut dengan bumbu yang kaya rempah. Ikan bungkus bisa dimasak dengan cara dikukus atau dibakar.

Kue Lontar

Kue lontar menjadi salah satu jenis makanan ringan atau jajanan tradisional khas Papua. Kue lontar mirip dengan pie susu atau cheesetart, Rasa kue lontar manis dengan tekstur yang lembut.

Sagu Lempeng

Makanan khas Papua selanjutnya yakni sagu lempeng. Selain bisa ditemukan di Papua, kue lempeng juga bisa ditemukan di Maluku, Kalimantan bahkan Riau.

Colo-colo

Ini merupakan sambal khas Papua. Colo-colo mirip dengan sambal dabu-dabu atau matah. Colo-colo terbuat dari irisan cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, jeruk nipis, gula pasir dan sedikit air. Colo-colo biasanya disajikan bersama ikan goreng, ikan bakar atau papeda serta ikan asin.

Itulah sedikitnya 10 makanan khas Papua. Selain makanan di atas, ada makanan lain yang juga khas Papua antaranya Auni Senebere, kue bagea, aunuve habre, roti abon gulung, petatas (ubi jalar), sarang semut, es kelapa asam manis dan es buah matao.

 

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Sampaikan Kabar Baik, Jakarta 0 Kematian Akibat Covid-19 Selama 24 Jam
Artikel Selanjutnya
7 Zodiak yang Dikenal Sangat Setia dan Cintanya Sejati