Sukses

Lifestyle

5 Tips Menciptakan Kesan yang Baik dan Membekas saat Pertemuan Pertama

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang percaya bahwa kesan pertama yang ditangkap oleh lawan bicara akan menentukan hubungan komunikasi antara kita dengan orang tersebut kedepannya. Itulah mengapa dalam situasi penting tertentu, orang-orang akan berusaha mempersiapkan momen perdananya semaksimal mungkin demi menciptakan kesan pertama yang baik dan membekas.

Tentunya ada banyak momen-momen penting dalam hidupmu yang ingin kamu sukseskan dengan menciptakan kesan pertama yang baik. Sebagai contoh, momen pertama masuk kampus, momen pertama bertemu seseorang yang kamu sukai, atau momen interview kerja dengan pihak rekrutmen sebuah perusahaan. Jangan sampai momen tersebut hancur seketika hanya karena kamu gagal menciptakan kesan pertama yang baik.

Pasalnya, kesan pertama bukan hanya soal personal branding saja tetapi juga menentukan bagaimana hubungan relasimu dengan orang lain. Orang yang mampu menciptakan kesan pertama yang baik dan membekas pasti mudah membangun relasi dan jaringan untuk kebutuhan karir misalnya. Jika pada saat kesan pertama saja kamu tidak bisa mengambil hati seseorang, bagaimana kamu bisa menjalin dan menjaga komunikasi dengan orang tersebut.

Oleh karena itu, kesan pertama menjadi hal yang penting untuk kamu pelajari dan persiapkan agar ketika kamu hendak bertemu dengan siapapun, kamu mampu memberikan kesan yang disenangi oleh lawan bicaramu. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan 5 tips ampuh menciptakan kesan pertama dan membekas. Simak semua tipsnya berikut ini.

Berusaha Untuk Datang Tepat Waktu

Tips ampuh menciptakan kesan pertama yang baik dan membekas adalah dengan persiapan matang, yakni bisa dicerminkan dengan cara kamu datang tepat waktu. Berusaha datang tepat waktu adalah sebuah karakter yang akan menunjukkan integritas dan keseriusan seseorang, terutama dalam hal karir. Kamu akan dianggap sebagai seseorang yang profesional dan menghargai waktu jika kamu datang tepat waktu.

Kasusnya tidak hanya dalam dunia pekerjaan karena datang tepat waktu juga bagian dari kebiasaan dan prinsip sehingga ini akan menguntungkanmu tatkala memiliki pertemuan penting dengan seseorang. Datang tepat waktu mencerminkan kesiapan dan pastinya kamu akan lebih percaya diri jika dapat datang tepat waktu.

Menggunakan Bahasa Tubuh Untuk Memancarkan Aura yang Positif

Selanjutnya tips ampuh menciptakan kesan pertama yang baik dan membekas bisa dimulai dengan menggunakan bahasa tubuh untuk memancarkan aura yang positif. Orang pasti akan lebih senang bertemu dengan sosok yang ramah. Kamu bisa menunjukkan senyum tulus dan berjabat tangan saat pertama kali bertemu seseorang untuk menciptakan kesan ramah tersebut.

Selain itu hal yang tidak kalah penting untuk menciptakan kesan pertama yang baik adalah permainan kontak mata. Usahakan menjaga kontak mata saat lawan berbicara sedang berbicara. Sesekali anggukan kepala sebagai tanda bahwa kamu sepakat dengan perkataannya yang akan menunjukkan kesan yang lebih nyaman untuk melanjutkan obrolan.

Menahan Diri dari Kebiasaan Melihat Ponsel

Ketiga, tips ampuh menciptakan kesan pertama yang baik dan membekas adalah mampu menahan diri sementara untuk tidak melihat dan mengecek ponsel saat sedang bertemu dengan seseorang, konteksnya sama baik bertemu orang secara personal maupun rapat dengan banyak orang.

Mengecek ponsel saat berbicara dengan seseorang bisa dianggap tidak sopan karena dianggap tidak menghargai orang yang ada didepanmu. Melihat ponsel juga bisa memberikan kesan bahwa kamu mengabaikan lawan bicaramu karena pada saat mengecek ponsel kamu bisa saja terdistraksi untuk membuka media sosial atau membalas pesan sehingga akan memakan waktu dan tentu saja memangkas waktumu dengan orang yang sedang kamu temui.

Memberikan Respon yang Sesuai Dengan Karakter Lawan Bicara

Berikutnya, tips ampuh menciptakan kesan pertama yang baik dan membekas yang keempat ialah berusaha memberikan respon yang sesuai dengan karakter lawan bicara kita. Saat ingin memberikan kesan pertama, kamu juga perlu menerka karakter lawan bicaramu dengan cara melihat sorot matanya, bahasa tubuhnya serta tutur katanya.

Jika kamu sudah dapat membaca karakternya, kamu pasti akan tahu bagaimana cara yang tepat untuk memberikan respon yang sekiranya akan sesuai dengan ekspektasinya. Hal ini penting karena kesan pertama yang baik langsung mudah terbentuk tatkala kamu menunjukkan respon yang sesuai dengan karakternya sehingga lebih mudah diterima.

Tetap Menjadi Diri Sendiri

Terakhir, tips ampun untuk menciptakan kesan baik dan membekas yang terakhir adalah tetap menjadi dirimu sendiri. Memang kamu harus menjaga sikap dan memberikan respon yang sesuai dengan karakter lawan bicara namun hal itu bukan berarti kamu harus menjadi orang lain. Setiap orang sejatinya memiliki sisi unik yang khas, jika kamu bisa menunjukkannya dengan cara yang benar, itu bisa jadi alasan orang menyukaimu saat pertama kali bertemu.

Jangan takut untuk menjadi diri sendiri karena setiap orang itu unik dan spesial, Justru ketika kamu berusaha untuk melawan diri sendiri dengan bersikap seperti orang lain akan terkesan aneh dan terlalu dibuat-buat. Biarkan saja mengalir apa adanya asal tetap tahu batas-batas kesopanan dan adab umum yang harus kamu perhatikan saat bertemu seseorang.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Buku Motivasi Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Dibaca
Artikel Selanjutnya
3 Penyebab Kencing Batu yang Jarang Disadari, Ketahui Gejala dan Pencegahannya