Sukses

Lifestyle

Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Sembelit

Fimela.com, Jakarta Sembelit merupakan gangguan pada sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan buang air besar menjadi tidak lancar dan membuat perut menjadi tidak enak dan sakit. Sembelit juga membuat tidak nyaman.

Selain pola makan yang tidak sehat. Sembelit bisa disebabkan karena lingkungan yang kurang bersih, stres, gaya hidup tidak baik seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Selain makanan tidak sehat seperti alkohol atau yang terlalu manis, makanan yang menyehatkan pun, bisa membuat seseorang sakit sembelit. Berikut jenis makanan sehat, yang bisa menyebabkan sakit sembelit, dilansir dari berbagai sumber:

Bunga Kol

Bunga kol merupakan makanan sehat, namun bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan, seperti sakit sembelit atau konstipasi. Bunga kol memiliki kandungan gula kompleks yang susah dicerna oleh sistem pencernaan sehingga bisa menyebabkan sembelit.

Bunga kol termasuk sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi yang tidak hancur sampai ke usus. Hal ini dapat menyebabkan produksi gas meningkat.

Bawang Bombai

Bawang bombai biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Bawang bombai memiliki aroma harum, dan membuat masakan menjadi lebih sedap. Tapi ternyata mengonsumsi bawang bombai, bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, seperti sakit sembelit.

Walaupun sebenarnya bawang bombai memiliki kandungan fitonutrien dan prebiotik, yang sangat baik untuk kesehatan lambung, namun bawang bombai memiliki kandungan karbohidrat kecil yang susah untuk dicerna. Kurangi mengonsumsi bawang bombai, agar tidak terjadi sakit sembelit, atau sindrom gangguan pada usus.

Kacang-kacangan

Pada dasarnya kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi. Kacang-kacangan membantu menyehatkan tubuh, dan baik untuk sistem pencernaan.

Jika kamu sedang memiliki gangguan pada sistem pencernaan, usahakan hindari mengonsumsi kacang-kacangan, agar tidak sembelit. Kacang-kacangan memiliki kandungan yang tinggi serat, yang agak susah untuk dicerna, pada saat sakit sembelit.

Daging Merah

Makanan yang bisa menyebabkan sembelit selanjutnya adalah daging merah. Daging merah memiliki kandungan yang tinggi lemak, hal inilah yang menyebabkan sembelit.

Pada saat perut sedang sakit atau sedang mengalami gangguan pencernaan sebaiknya hindari untuk mengonsumsi daging merah. Kandungan rendah serat dan tinggi lemak yang terdapat pada daging merah akan membuat tekstur BAB menjadi lebih keras, sehingga menyebabkan sakit sembelit.

Dark Cokelat

Makanan terakhir yang bisa memicu sakit sembelit dan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan yaitu mengonsumsi dark cokelat.

Dark cokelat memang sangat baik dikonsumsi, untuk membantu mengontrol tekanan darah, mencegah penggumpalan darah dan bisa membantu mengurangi stres. Tetapi dark cokelat merupakan makanan yang tidak mengandung serat, sehingga bisa menyebabkan sembelit, dan gangguan pada sistem pencernaan seperti perut kembung.

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Panduan Diet DEBM untuk Pemula
Artikel Selanjutnya
5 Sumber Karbohidrat Selain Nasi yang Baik untuk Menunjang Program Diet