Sukses

Lifestyle

Cara Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Saat musim hujan, sistem kekebalan tubuh menjadi rentan terserang sejumlah penyakit, apalagi jika kamu tidak menjaga pola hidup sehat. Beberapa peyakit yang sering menyerang pada musim hujan diantaranya ialah demam, anemia, flu, dan masih banyak lagi. Memang bukan penyakit yang amat berbahaya tetapi jika kamu tidak menjaga kesehatan maka, aktivitasmu akan terhambat.

Tentu saja karena berada pada musim yang berbeda, cara menjaga daya tahan tubuh juga akan menyesuaikan. Jika biasanya kamu hobi memakai baju tipis, pada musim hujan kamu perlu menggunakan pakaian tebal dan jika perlu dibuat berlapis agar tubuhmu selalu hangat. Tidak hanya soal pakaian, tetapi juga peralatan atau ‘starter pack’ lainnya yang biasa diandalkan saat musim hujan, perlu kamu siapkan.

Dibeberapa daerah di Indonesia kini sudah mulai hujan dan suhunya juga lebih dingin sementara pandemi juga belum berakhir. Tentu saja hal ini perlu kamu perhatikan agar perubahan kondisi cuaca dan adanya wabah tidak membuat tubuhmu menjadi rentan terkena penyakit.

Untuk itu, kamu perlu tahu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh di musim hujan. Fimela.com kali ini akan mengulas cara menjaga sistem kekebalan tubuh di musim hujan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Pertama, cara menjaga sistem kekebalan tubuh di musim hujan diawali dengan rajin mengonsumsi air putih. Kamu pasti tahu bahwa air putih atau air mineral menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Oleh sebab itu, di musim hujan yang rentan terserang penyakit, kamu harus memperkuat sistem imun dengan banyak mengonsumsi air putih.

Mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak dapat menjaga metabolisme tubuh serta mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Jika bosan dengan air putih, sesekali kamu bisa mengonsumsi teh jasmine, green tea, dan minuman lain yang menyehatkan.

Olahraga Ringan dan Istirahat yang Cukup

Kedua, cara menjaga sistem kekebalan tubuh di musim hujan yang juga perlu kamu lakukan ialah olahraga ringan dan istirahat yang cukup. Musim hujan yang menyebabkan cuaca menjadi lembap dan dingin sering membuat kita menjadi malas, padahal kamu tetap harus berolahraga ringan agar metabolisme tubuh terjaga.

Lakukan olahraga ringan seperti sit-up, push-up, dan lari-lari kecil ditempat secara rutin di musim hujan agar tubuhmu selalu dalam kondisi prima dan bugar. Jika sudah rutin berolahraga, maka langkah selanjutnya ialah istirahat yang cukup dengan memastikan bahwa jam tidurmu sudah ideal, baik jam tidur malam atau jam tidur siang.

Memerhatikan Pola Makan dan Asupan Gizi yang Seimbang

Ketiga, saat membicarakan daya tahan tubuh, pasti juga tidak lepas dari pengaruh asupan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Tentu saja selain rajin mengonsumsi air putih dan olahraga yang teratur, kamu juga perlu asupan nutrisi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Untuk itu, kamu perlu selektif dalam memilih atau membeli makanan saat musim hujan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bervitamin, seperti sayur dan buah-buahan. Jika ingin membeli makanan, maka pastikan juga bahwa kamu membeli makanan ditempat yang bersih dan higienis. Jika sampai salah makan, diare akan menjadi ancaman di musim hujan.

Rajin Mandi Setelah Terkena Hujan

Keempat, cara menjaga sistem kekebalan tubuh di musim hujan yang sering diabaikan oleh banyak orang ialah rajin mandi. Meskipun cuaca saat hujan membuat kamu jadi malas bergerak dan malas beraktivitas hingga jarang mandi, namun apabila kamu sewaktu-waktu terkena air hujan, kamu harus segara mandi.

Jika tidak segera mandi dan membersihkan tubuh, maka kamu akan terserang beragam gejala penyakit seperti, kepala pusing, demam tinggi, hingga tubuh yang tiba-tiba meriang. Maka dari itu, pastikan di musim hujan, kamu selalu rajin membersihkan diri dengan mandi.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Terakhir, cara menjaga sistem kekebalan tubuh di musim hujan yang perlu kamu perhatikan ialah kebersihan lingkungan tempat tinggal maupun tempat kamu beraktivitas sehari-hari. Jika tidak dijaga kebersihannya, maka kamu akan mudah terserang beragam penyakit karena lingkungan yang tidak bersih rentan terhadap berbagai sumber penyakit, seperti bakteri dan virus.

Kamu perlu rajin membersihkan halaman rumah dan memastikan kondisi rumahmu selalu dalam keadaan rapih dan juga bersih. Jika kamu sibuk, ada alat pembersih kekinian yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat pekerjaan membersihkan rumah menjadi lebih ringan.

What's On Fimela
Loading