Sukses

Lifestyle

Waspadai 5 Jenis Penyakit yang Mudah Menular di Musim Penghujan

Fimela.com, Jakarta Musim penghujan memang identik dengan musimnya para penyakit, ini bukan opini untuk membenci hujan tetapi merupakan peringatan agar kita semakin mawas diri di musim penghujan karena rentan terkena serangan beragam penyakit. Sayangnya, beberapa penyakit tersebut adalah jenis penyakit yang bisa menular dari satu orang ke orang lain.

Penularan penyakit disebabkan karena kita kurang menjaga kebersihan diri dan lingkungan saat musim hujan sehingga bakteri dan virus mudah masuk dan menginfeksi tubuh. Selain dari aspek kebersihan, penyakit menular juga bisa disebabkan melalui kontak sosial yang kita lakukan, contohnya tidak sengaja bersalaman atau menggunakan barang yang telah terkontaminasi.

Menjadi penting bagi kamu untuk tahu jenis penyakit apa saja yang bisa menular agar kamu semakin waspada dan dapat menjaga diri. Pasalnya, beberapa penyakit menular di musim hujan juga ada sifatnya amat berbahaya. Mulai dari infeksi kulit, pernapasan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis penyakit yang mudah menular di musim hujan. Dilansir dari Liputan6.com, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Demam Tifoid

Jenis penyakit pertama yang mudah menular saat musim hujan ialah demam tifoid, atau typhoid, yakni penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella typhosa. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja manusia.

Adapun gejalanya yakni, demam tinggi berkelanjutan, sakit kepala, malaise (kondisi badan kurang sehat dan lesu, yang mendahului timbulnya keadaan sakit yang lebih gawat), anoreksia atau kehilangan nafsu makan, diare, sembelit atau ketidaknyamanan di perut. Untuk mencegahnya maka, kamu perlu memerhatikan kebersihan dari setiap makanan yang kamu konsumsi, jangan mengonsumsi makanan secara sembarang apalagi diproses pada tempat yang tidak higienis.

Kolera

Berikutnya, penyakit menular kedua yang juga mudah menyerang saat musim hujan ialah kolera. Kolera adalah infeksi usus kecil yang disebabkan oleh beberapa strain bakteri Vibrio cholerae. Penularannya bisa dari makanan atau air minum yang terkontaminasi kotoran manusia.

Gejala yang timbul berupa buang air besar intensif (diare) selama beberapa hari, muntah, dehidrasi, hingga kram otot. Untuk pertolongan pertama, maka kamu perlu banyak minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, bisa dibubuhi larutan rehidrasi oral atau buatan sendiri (1 sendok teh garam, 4 sendok teh gula dan 1 liter air). Jika diare berlanjut, bawa segera penderita ke rumah sakit terdekat.

Leptospirosis

Ketiga, penyakit menular lainnya yang mudah menyebar saat musim hujan ialah leptospirosis. Leptospirosis adalah penyakit yang menyerang manusia dan hewan. Ini disebabkan oleh bakteri dari genus Leptospira dari binatang seperti tikus.

Cara penularannya, bakteri masuk melalui luka ketika bersentuhan dengan air banjir, tumbuh-tumbuhan atau tanah lembab yang terkontaminasi dengan urin hewan yang terinfeksi, terutama tikus. Gejalanya meliputi demam, nyeri otot, sakit kepala, urin berwarna gelap, feses encer, gagal ginjal, atau untuk kasus yang parah, bisa menyebabkan lumpuhnya fungsi hati dan otak.

Influenza

Selanjutnya, penyakit yang juga mudah menular dan sering menimpa banyak orang saat musim hujan datang ialah influenza. Biasa disebut flu, influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan manusia yakni, hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Bagi kebanyakan orang, influenza dapat sembuh dengan sendirinya.

Influenza tergolong penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza (A,B atau C). Masuknya virus influenza ke saluran pernapasan melalui percikan air liur dari orang yang terinfeksi (batuk, berbicara, atau bersin), atau melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi oleh percikan tersebut.

Gejalanya pun bisa ringan hingga berat. Paling umum misalnya demam tinggi (38 derajat Celcius), pilek, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, batuk, dan merasa lelah.

Demam Berdarah

Terakhir, jenis penyakit menular yang mudah menyebar saat musim hujan ialah demam berdarah. Termasuk dalam jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan, demam berdarah adalah penyakit tropis yang ditularkan oleh gigitan nyamuk yang terdampak virus dengue, umumnya ada di nyamuk Aedes aegypti.

Gejala biasanya mulai tiga hingga empat belas hari setelah infeksi. Mungkin termasuk demam tinggi, sakit kepala, muntah, nyeri otot dan persendian, serta ruam kulit yang khas, tinja berwarna gelap. Pemulihan biasanya memakan waktu dua hingga tujuh hari.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Jerawat di Pipi Kanan dan Obat untuk Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Buku untuk Mahasiswa Tingkat Akhir yang Edukatif dan Menginspirasi