Sukses

Lifestyle

Pengertian Demokratisasi dan Faktor Penting Adanya Demokrasi

Fimela.com, Jakarta Sering kali kita mendengar istilah demokratisasi, yang selalu dikaitkan atau dihubungkan dengan dunia politik. Baik di Indonesia maupun di beberapa negara juga menjalankan asas demokratisasi yang melibatkan rakyat.

Negara Indonesia terkenal dengan negara yang demokratis, karena kedaulatan negara Indonesia ini berada di tangan rakyat. Negara Indonesia juga memberikan jaminan kepada rakyatnya, untuk bebas dalam berpendapat dan memiliki hak suara untuk memilih sistem politik negaranya.

Fenomena demokratisasi ini benyak digunakan setiap negara untuk menjelaskan sebuah fenomena politik, ekonomi dan konflik atau perang. Berikut pengertian demokratisasi dan faktor adanya demokratisasi, dilansir dari berbagai sumber:

Pengertian Demokratisasi

Demokratisasi adalah transisi ke rezim politik yang lebih demokratis. Tetapi secara umum, demokratisasi adalah proses pendemokrasian, agar rakyat turut serta dalam kegiatan politik suatu negara.

Proses demokratisasi ini bukanlah proses yang mudah. Karena rakyat harus menyuarakan pendapatnya melalui Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR, atau rakyat ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan atau kenegaraan, dengan menyamakan hak dan kewajiban seluruh masyarakat.

Dengan adanya demokratisasi ini, rakyat bisa bebas dalam melakukan berbagai kegiatan di negaranya, dengan bebas berpendapat dan pluralisme yang berkembang dalam negara tersebut.

 

Faktor Demokratisasi

Dalam demokratisasi ini ada beberapa faktor yang bisa mewujudkan suatu demokratisasi. Ada juga faktor yang bisa membatasi adanya demokratisasi, tetapi faktor tersebut masih diperdebatkan. Berikut faktor umum adanya demokratisasi:

1. Faktor Ekonomi

Menurut sebuah penelitan, faktor ekonomi sangat berengaruh dengan adanya demokratisasi. Karena adanya peningkatan pembangunan ekonomi, bisa menyebabkan terjadinya transisi ke demokrasi, walaupun hanya dalam waktu 10 hingga 20 tahun saja.

2. Faktor Sosial

Faktor yang selanjutnya adalah faktor sosial atau faktor kesetaraan sosial. Adanya perbedaan status dan pendapatan pada masyarakat, bisa mempengaruhi demokratisasi. Contohnya, semakin rendah status dan pendapatan orang, akan semakin rendah mendapatkan peluang dalam demokratisasi.

3. Budaya

Ada beberapa pendapat, bahwa beberapa kebudayaan lebih mudah menerima demokratisasi daripada kebudayaan lainnya. Biasanya budaya Barat lebih terbuka tentang demokratisasi. Tetapi di zaman modern ini, ada beberapa negara non-Barat sudah mulai menjunjung budaya demokratisasi seperti India, Jepang, Indonesia, Namibia, Botswana, Taiwan dan Korea Selatan.

4. Intervensi Asing

Negara yang menganut sistem demokratisasi, merupakan negara yang sudah pernah mendapatkan intervensi militer. Seperti negara yang sudah pernah mendapatkan intervensi antara Jepang dan Jerman saat perang dunia ke 2.

Pentingnya Demokratisasi

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 ayat 2, kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-undang Dasar. Sehingga negara Indonesia merupakan negara demokratis, yang menjunjung tinggi demokratisasi dan mendahulukan pendapat rakyat.

Dengan adanya demokratisasi ini, negara dapat menekankan faktor ekonomi, budaya, sosial, kepercayaan dan toleransi, untuk mencegah konflik dan menguatkan hubungan dengan negara lain, yang menganut sistem demokratisasi juga.

Contoh Demokratisasi di Kehidupan

Negara Indonesia adalah negara demokrasi, yang menganut pemahaman tentang kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat. Adanya demokratisasi ini membuat rakyat bisa ikut serta dalam kegiatan politik yang ada di dalam suatu negara.

Kalau kita sudah cakap hukum, tentu saja kita sering melakukan perilaku demokratisasi ini. Contohnya seperti masyarakat mengikuti demokrasi secara langsung, dengan cara ikut serta dalam pemilu atau pilkada.

Tetapi masyarakat yang belum cakap hukum juga bisa melakukan demokrasi ini dalam kehidupan sehari-hari, dengan cara mendengarkan nasehat orang tua, menyampaikan pendapatnya dalam pemilihan calon ketua kelas, mengerjakan tanggung jawab, bersikap terbuka dan jujur, turut berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan dalam lingkungan, ikut upacara bendera dan lain sebagainya.

What's On Fimela
Loading