Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengobati Diare dengan Tanaman Herbal

Fimela.com, Jakarta Diare adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Saat mengalami diare, penderitanya akan lebih sering membuang air besar dan fesesnya berbentuk cair atau encer.

Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya infeksi virus atau bakteri, keracunan makanan, mengonsumsi obat-obatan, pola makan yang kurang sehat dan lain sebagainya.

Penyakit diare ini bisa disembuhkan dengan mengonsumsi tanaman herbal. Berikut tanaman herbal yang bisa mengobati diare dan tips mengolahnya agar bisa dikonsumsi, dilansir dari Brilio.net:

Jambu Biji

Daun jambu biji adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk mengobati diare, karena memiliki kandungan serat yang banyak.

Daun jambu biji juga memiliki kandungan yang bersifat sebagai antimikroba, yang membantu menyehatan usus. Daun jambu biji ini baik dikonsumsi saat perut masih kosong.

Cara membuatnya cukup menyiapkan 6 helai daun biji, lalu rebus dengan segelas air dan madu. Kemudian konsumsi setiap pagi dan sore hari sebelum makan.

Jahe

Tips mengobati diare yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jahe. Jahe adalah rempah-rempah yang terkenal sebagai minuman penghangat badan, yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jahe memiliki kandungan sebagai antiradang, yang bisa membantu menghilangkan rasa nyeri pada perut, mengobati diare, menetralkan racun dan melancarkan sistem pencernaan.

Untuk mengobati diare, potong jahe dan geprek, lalu rebus jahe dengan air. Sajikan dan nikmati jahe dengan satu sendok madu saat masih hangat.

 

Daun Mint

Daun mint juga bisa digunakan sebagai tanaman herbal atau obat alami, yang mampu mengobati gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, mual dan muntah.

Karena daun mint memiliki kandungan mentol yang bersifat sebagai analgesik, yang berfungsi untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Untuk menyembuhkan diare bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu seduh daun mint dengan teh, menghisap permen mint, menghirup aroma mint atau langsung mengunyah daun mint.

Daun Kayu Putih

Selain diolah menjadi minyak kayu putih, daun kayu putih dapat dikonsumsi sebagai teh, yang bermanfaat untuk mengobati penyakit diare.

Daun kayu putih memiliki sifat anti radang dan antibakteri, yang bisa meredakan nyeri perut, mengurangi peradangan dan membunuh bakteri atau virus penyebab diare.

Tips mengobati diare dengan daun kayu putih, yaitu dengan mengeringkan 10 gram daun kayu putih, kemudian rebus daun dengan 2 gelas air putih dan minum secara rutin.

Daun Sendok

Tips mengobati diare yang terakhir, yaitu dengan mengonsumsi daun sendok. Daun sendok adalah tanaman herbal yang memiliki bentuk seperti sendok.

Daun sendok memiliki kandungan saponin, flavonoid, polifenol, antiinflamasi dan ekstrak etanol, yang juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan usus.

Cukup merebus daun sendok yang sudah dibersihkan, lalu tunggu hingga air menyusut menjadi 1 gelas, kemudian minum 2 kali sehari di pagi dan sore hari.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kenali Penyebab Papiloma dan Gejalanya yang Harus Kamu Tahu
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Novel Remaja Terbaik dan Wajib Kamu Baca