Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Jeruk Nipis yang Bisa Menetralisir Asam Lambung Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Asam lambung atau yang sering disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD), adalah kondisi saat asam lambung naik hingga ke tenggorokan, yang rasanya sangat nyeri dan ingin mual.

Penyakit asam lambung ini sering muncul pada saat puasa, karena kondisi perut yang kosong selama beberapa jam tanpa makan dan minum, yang kaget karena saat berbuka puasa langsung mengonsumsi banyak makanan.

Penyakit asam lambung ini bisa dicegah dengan mengonsumsi jeruk nipis saat buka puasa. Walaupun jeruk nipis memiliki rasa yang asam, tetapi manfaat jeruk nipis bisa menetralkan asam di dalam lambung.

Selain membantu mengobati asam lambung, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat jeruk nipis, yang dilansir dari Liputan6.com:

Manfaat Mengonsumsi Jeruk Nipis Saat Berpuasa

1. Menetralisir Asam Lambung

Manfaat jeruk nipis yang pertama, yaitu membantu menetralisir penyakit asam lambung yang kambuh pada saat berpuasa. Hal ini disebabkan karena air perasan jeruk nipis memiliki sifat yang basa.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Saat menjalankan ibadah puasa, sistem imunitas tubuh harus tetap terjaga, agar tidak mudah terserang infeksi virus yang menyebabkan penyakit. Mengonsumsi jeruk nipis bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena jeruk nipis diperkaya dengan kandungan vitamin C dan antioksidan.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat jeruk nipis yang selanjutnya, yaitu bisa membantu mencegah penyakit jantung, karena kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis, bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah penumpukan plak, yang terdapat di saluran arteri menyempit.

4. Mencegah Batu Ginjal

Jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk mencegah batu ginjal. Karena jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat tinggi, yang bisa meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin. Jeruk nipis ini juga membantu proses detoksifikasi dalam ginjal, yang dikeluarkan melalui air seni.

5. Mencegah Kanker

Manfaat mengonsumsi jeruk nipis saat puasa yang terakhir, yaitu bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis memiliki antioksidan, yang memerangi radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh.

Anjuran Mengonsumsi Jeruk Nipis

Walaupun jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tetapi harus diperhatikan anjuran untuk mengonsumsi jeruk nipis, agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak diinginkan.

Agar manfaat jeruk nipis bisa dirasakan secara optimal saat sahur, maka sebelum minum air perasan jeruk nipis, konsumsi segelas air hangat setara dengan 250ml air, kemudian minumlah air perasan jeruk nipis hangat saat buka puasa tanpa menggunakan gula.

Jika sudah minum air jeruk nipis hangat ini, kamu bisa mengonsumsi 2 gelas air putih lagi dan lanjutkan dengan makan malam. Imbangi juga dengan mengonsumsi minimal 8 gelas sehari, yaitu minimal 2 gelas saat sahur, dan sisanya saat berbuka puasa. Jangan lupa juga melakukan olahraga agar tubuh tetap sehat.

Cara Membuat Minuman Jeruk Nipis

1. Teh Jeruk Nipis

Bahan yang diperlukan:

  • 1 kantong teh celup
  • 5 lembar daun mint, sobek-sobek
  • Potongan jeruk nipis
  • Air panas

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan, celup-celup teh kantong hingga air menjadi kecokelatan.
  2. Buang tehnya, sajikan dan bisa di tambahkan madu sebagai pengganti gula.

2, Wedang Jahe Jeruk Nipis

Bahan yang diperlukan:

  • 3 ruas jahe
  • 1 batang serai
  • 2 sdm gula pasir (sesuai selera)
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 500 ml air

Cara membuat:

  1. Kupas jahe, cuci bersih dan geprek. Sisihkan
  2. Kemudian rebus air, jahe dan serai hingga mendidih. Tambahkan gula, aduk hingga gula larut.
  3. Saring air jahe, sajikan di gelas dengan tambahan air perasan jeruk nipis.

3. Teh Serai Jeruk Nipis

Bahan yang diperlukan:

  • 2 batang serai, geprek
  • 1 kantong teh celup
  • 2 sdm gula pasir
  • 600 ml air
  • 2 buah jeruk jenis

Cara membuat:

  1. Rebus serai dan teh celup.
  2. Tambahkan gula pasir dan masak sampai aroma serai keluar, kemudian matikan api.
  3. Saring air rebusan, beri perasan air jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.
PLAYLIST VIDEO 29 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi yang Perlu Diperhatikan demi Keamanan Persalinan
Artikel Selanjutnya
Cara Membersihkan Telinga Bayi dengan Benar, Aman, dan Mudah