Sukses

Lifestyle

Tak Perlu Menunggu Punya Target atau Alasan Tertentu untuk Menabung

Fimela.com, Jakarta Biasanya agar termotivasi menabung kita perlu target atau tujuan tertentu. Misal, menabung untuk liburan atau menabung untuk membeli sesuatu. Tapi sebenarnya kita tak perlu menunggu punya alasan atau target tertentu untuk menabung.

"Anda tak perlu alasan tertentu untuk menabung," begitu sebuah kutipan yang ada pada bab "Menabung Uang" di buku Psychology of Money. Dijelaskan lebih lanjut bahwa menabung tak memerlukan tujuan membeli sesuatu yang spesifik. Dengan kata lain, kita bisa menabung dengan alasan ya memang menabung. Malah idealnya memang begitu.

Berjaga-jaga dengan Dunia yang Tak Bisa Diprediksi

Mengutip kembali buku Psychology of Money, menabung adalah berjaga-jaga terhadap kemampuan kehidupan untuk mengagetkan kita pada waktu yang paling tidak pas. Menabung tanpa sasaran pembelanjaan memberi kita pilihan dan keluwesan, kemampuan menunggu, dan kesempatan menyambar.

Kita hidup di dunia yang tak bisa diprediksi. Ada banyak hal yang bisa terjadi di luar kendali kita. Dengan senantiasa memiliki tabungan, kita bisa mengupayakan hidup yang lebih tenang di masa depan. Apabila ada pengeluaran tiba-tiba atau kebutuhan mendesak, kita tidak lagi gampang panik karena sudah punya tabungan.

Kalau belum punya pengetahuan atau wawasan soal investasi, kita bisa mulai dari langkah kecil dengan menabung untuk mengatur keuangan kita. Selalu sisihkan sebagian penghasilan atau pendapatan untuk ditabung. Rutinlah menabung tanpa harus menunggu punya alasan atau target tertentu. Kedisiplinan menabung ini bisa sangat membantu kita untuk menghadapi situasi-situasi darurat yang membutuhkan biaya cepat.

Jadi, sudah menabungkah pekan ini atau bulan ini? Yuk, atur keuangan dengan lebih bijak lagi dengan satu langkah kecil ini.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Pintar Menabung dan Memilih Investasi yang Tepat
Artikel Selanjutnya
Bitcoin Lagi Diskon, Peluang Cari Cuan Baru bagi Investor Pemula?