Sukses

Lifestyle

9 Makanan yang Harus Dihindari Karena Sebabkan Bau Mulut

Fimela.com, Jakarta Kebersihan tubuh harus selalu dijaga seperti mandi atau gosok gigi, agar terhindar dari beberapa masalah kesehatan, serta terhindar dari bau badan dan bau mulut.

Bau mulut tidak sedap ini, bisa membuat kepercayaan dirimu menurun, tidak nyaman dan mengganggu orang lain. Bau mulut ini bisa disebabkan karena tubuh sedang sakit, jarang membersihkan gigi dan mulut, serta mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau mulut.

Untuk mencegah bau mulut, Sahabat Fimela harus rutin membersihkan gigi dan mulut, serta menghindari mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Selain menyebabkan bau mulut, beberapa makanan juga bisa menyebabkan bau badan tidak sedap. Berikut makanan yang harus dihindari karena sebabkan bau mulut.

Makanan Penyebab Bau Mulut

1. Olahan Susu

Makanan pertama yang harus dihindari adalah makanan yang merupakan olahan susu. Karena olahan susu memiliki kandungan protein, yang bisa menyebabkan higrogen sulfida dan metil markaptan muncul di dalam perut, lalu mengeluarkan bau tidak sedap.

2. Umbi Merah

Umbi merah adalah jenis umbi-umbian yang menyehatkan jika dikonsumsi. Tetapi umbi merah memiliki kandungan metil, yang bisa menyebabkan bau mulut dan bau badan jadi tidak sedap.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli dan kubis, bisa menyebabkan bau mulut walaupun kaya akan antoksidan. Karena sayuran ini mengandung sulfur, yang akan mengeluarkan gas dengan bau tidak sedap dari dalam perut.

Makanan yang Harus Dihindari Selanjutnya

4. Durian

Durian adalah salah satu buah yang memiliki bau menyengat, yang sangat susah untuk dihilangkan. Durian juga bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap, karena buah ini mengandung senyawa belerang penyebab bau.

5. Bawang Putih

Makanan penyebab bau mulut yang selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang disebut dengan allicin. Sehingga jangan terlalu banyak mengonsumsi bawang putih, untuk menghindari bau mulut dan bau badan.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang perlu dihindari. Selain kurang sehat untuk dikonsumsi, makanan cepat saji ini juga bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sehat. Bahkan lemak jenuh yang terkandung dalam makanan cepat saji, bisa membuat bau badan jadi tidak sedap.

Makanan Penyebab Bau Mulut Selanjutnya

7. Daging Merah

Daging merah adalah bahan makanan yang kaya akan protein dan serat. Walaupun bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, tetapi daging merah bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Daging merah termasuk makanan yang susah dicerna. Sehingga bisa menimbulkan racun dan gas di dalam perut.

8. Rempah-Rempah

Makanan penyebab bau mulut yang selanjutnya yaitu rempah-rempah. Rempah-rempah adalah bahan dapur yang menyehatkan jika dikonsumsi. Tetapi rempah-rempah memiliki kandungan senyawa sulfur, yang bisa menghasilkan gas dengan bau tidak sedap.

9. Permen Karet

Makanan penyebab bau mulut yang terakhir, yaitu permen karet. Walaupun beberapa permet karet ada yang memiliki klaim bisa menghilangkan bau mulut, tetapi terus menerus mengunyah permen karet bisa membuat banyak gas masuk ke dalam perut, kemudian mengeluarkan gas tersebut keluar dari mulut dan membuat bau mulut tidak sedap.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari Beserta Pencegahannya
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Rambut Berketombe Beserta Cara Mengatasinya secara Alami