Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Tidur adalah aktivitas rutin yang harus dilakukan, untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Saat sedang tidur di malam hari, organ di dalam tubuh akan ikut beristirahat dan memperbaiki kondisi tubuh secara alami.

Bagi orang dewasa, dianjurkan untuk tidur selama 8 jam di malam hari. Tetapi sebagian orang sering mengalami susah tidur atau insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur, yang menyebabkan seseorang tidak bisa tidur, walaupun tubuhnya sangat lelah.

Jika gangguan tidur atau insomnia ini tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan penyakit yang serius seperti jantung, stoke, diabetes dan penyakit yang membahayakan lainnya. Berikut cara mengatasi insomnia.

 

Penyebab Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang bisa dialami siapa saja. Gangguan tidur ini menyebabkan seseorang menjadi susah untuk tidur di malam hari, walaupun terasa sangat mengantuk dan tubuh sangat lelah.

Insomnia ini sering tejadi pada orang dewasa hingga lanjut usia, yang disebabkan karena memiliki banyak pikiran atau stres, depresi, gaya hidup yang kurang sehat, mengonsumsi obat-obatan tertentu dan memiliki gangguan kesehatan tertentu.

Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh menjadi kurang sehat, terasa lemas, tidak bersemangat untuk menjalani aktivitas dan bisa menimbulkan penyakit serius yang mengancam nyawa.

Gejala Insomnia

Untuk menjaga kualitas tidur agar tubuh tetap sehat, maka orang dewasa harus tidur selama 8 hingga 9 jam di malam hari. Karena kurang tidur, bisa menyebabkan sistem imunitas tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

Secara umum, gejala yang sering dialami orang insomnia adalah susah untuk tidur nyenyak. Penderita insomnia ini juga mengalami gejala mudah marah, sangat sensitif, mudah lelah dan sering mengantuk saat siang hari.

Sebagian orang yang mengalami insomnia ini, juga memiliki gejala susah untuk berkonsentrasi. Jika tidak segera diatasi, susah berkonsentrasi ini bisa membahayakan seseorang saat sedang mengemudi kendaraan.

Cara Mengatasi Insomnia

1. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi insomnia yang pertama, yaitu mandi mengunakan air hangat sebelum tidur. Air hangat ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, meregangkan otot yang tegang, membuat pikiran lebih rileks dan membuatmu mudah tertidur dengan nyenyak.

2. Kurangi Gadget

Penggunaan gadget sebelum tidur, bisa membuat seseorang menjadi susah untuk tidur. Karena sinar biru yang dikeluarkan dari gadget, bisa menganggu sistem kerja otak. Untuk itu, kurangi penggunaan gadget, dan gunakan gadget maksimal 2 jam sebelum tidur.

3. Matikan Lampu

Insomnia bisa diatasi dengan mematikan lampu kamar tidur. Tidur di ruangan yang gelap, bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks dan mata akan mudah mengantuk. Kalau kamu takut dengan ruangan gelap, kamu bisa tidur dengan lampu tidur yang memiliki cahaya redup.

4. Olahraga

Cara mengatasi insomnia bisa dengan melakukan beberapa gerakan olahraga sebelum tidur, seperti yoga yang ringan. Olahrag bisa membuat otot tubuh menjadi lebih rileks, meningkatkan hormon endorfin dan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Di pagi harinya kamu juga bisa berolahraga dengan intensitas yang sedang seperti lari atau jalan santai.

5. Minum Teh Herbal

Cara yang terakhir adalah dengan rutin mengonsumsi teh herbal sebelum tidur. Teh herbal bisa membuat pikiranmu menjadi lebih rileks, menenangkan suasana hati, meregangkan saraf dan bisa dijadikan sebagai obat penenang saat cemas.

PLAYLIST VIDEO 23 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Camilan Berprotein Tinggi dan Kaya Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Pemanis Buatan yang Berbahaya bagi Kesehatan jika Dikonsumsi secara Berlebihan