Sukses

Lifestyle

Tata Cara Sholat Tahajud Beserta Niat dan Bacaan Doanya

Fimela.com, Jakarta Salah satu amalan atau ibadah yang dianjurkan bagi setiap muslim adalah sholat Tahajud. Sholat Tahajud adalah salat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari. Dalam bahasa arab salat sunnah Tahajud disebut sebagai Salatun Lail yang memiliki arti salat malam.

Perintah untuk mengerjakan sholat Tahajud disebutkan di dalam Al-qur’an. Beberapa di antara dalil yang menyebutkan adalah:

Artinya : “ Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat Tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra 79).

Ayat tersebut secara jelas menggambarkan tentang perintah untuk mengerjakan sholat Tahajud sebagai sebuah ibadah tambahan. Dapat dilihat pula dalam ayat tersebut bahwa Allah akan mengangkat orang-orang yang senantiasa salat Tahajud ke tempat yang terpuji.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulasa tata cara sholat Tahajud beserta niat dan bacaannya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan di waktu malam, yakni pada malam hari setelah bangun dari tidur. Siapa pun yang secara rutin sholat tahajud, Allah akan memudahkan semua urusannya, hidupnya dijauhkan dari kesengsaraan, kesulitan hidup serta memuliakan hidupnya.

Ibadah sholat Tahajud termasuk sunnah mu'akad, yaitu sunah yang dikuatkan dengan syara'. Kita bisa mengerjakannya paling sedikit 2 rakaat dan tidak ada batasan. Rentang waktu pelaksanaannya adalah setelah waktu sholat Isya sampai sebelum waktu sholat Subuh. Berikut tata caranya: 

1. Niat sholat Tahajud

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillahi ta’aalaa.

Artinya:

"Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Ta’ala.”

2. Melakukan takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah

3. Membaca surat al fatihah

4. Membaca surat dalam Al Quran. Rasullullah SAW biasanya membaca surat-surat yang panjang.

5. Rukuk dengan tuma’ninah sambil membaca doa i’tidal

6. I’tidal dengan tuma’ninah sambil membaca doa i’tidal

7. Sujud dengan tuma’ninah sambil membaca doa sujud

8. Mengulang gerakan seperti rakaat pertama

9. Pada tahiyat akhir, membaca doa tahiyat akhir

10. Melakukan gerakan salam.

11. Setelah salam, disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian membaca doa sholat tahajud.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah mengerjakan sholat Tahajud, umat muslim dianjurkan membaca doa setelah sholat Tahajud. Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah agar diberikan perlindungan, limpahan rejeki dan dikabulkannya doanya.

"Allaahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimussamaa waati wal ardi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah."

Artinya : "Ya Allah. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji Mu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataan Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

Ya Allah! Hanya kepada Mu lah aku berserah diri, hanya kepada Mu lah aku beriman, hanya kepada Mu lah aku bertawakkal hanya kepada Mu lah aku kembali, hanya dengan Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada Mu lah aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
30 Kutipan Terbaik Novel And Then There Were None Karya Agathe Christie
Artikel Selanjutnya
7 Zodiak Berwajah Dingin dan Cuek yang Misterius, Tidak Mudah Menunjukkan Emosi