Sukses

Lifestyle

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Novel dan Cerpen

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu perbedaan antara novel dan cerpen, banyak bentuk sastra yang ditulis oleh seseorang diantaranya novel dan cerpen. Bagi para pembaca pastinya dapat membedakan novel dan cerpen. Ternyata novel dan cerpen mempunyai perbedaan yang cukup seginifikan berikut pengertian novel dan cerpen :

Cerpen atau biasa disebut cerita pendek adalah sebuah lrya sastra berbentuk prosa dan tergolong ke dalam karya fiksi atau bukan kisah nyata. Isi cerpen yaitu menceritakan atau menggambarkan suatu kisah yang dialami tokoh secara ringkas.

Novel merupakan sebuah karya sastra dengan berbentuk prosa naratif dengan alur dan plot yang panjang dan kompleks, di dalam novel terdapat cerita fiksi tentang kehidupan seseorang dan orang-orang sekitarnya. Biasanya karakter yang terdapat di dalam novel lebih kuat daripada cerpen. Nah itulah pengertian mengenai cerpen, setelah ini kita akan membahas perbedaan cerpen dan novel :

1. Perbedaan Jumlah Kata

Perbedaan cerpen dan novel yang paling utama adalah jumlah kata. Sebuah cerpen dapat dibuat hanya sampai satu halaman dengan maksimal 10.000 kata, sedangkan novel memiliki jumlah kata lebih 35.000 kata dan dapat mencapai lebih dari 150 halaman. Sedangkan untuk membaca sebuah novel dapat memerlukan waktu paling cepat 2 jam, tergantung dengan jumlah kata dan halamannya.

2. Perbedaan Alur/Plot

Perbedaan jumlah kata juga berpengaruh terdapat perbedaan alur atau plot, karena cerpen memiliki plot cerita yang singkat dan sederhana seperti perkenalan, konflik, klimaks dan penyelesaian. Sedangkan untuk novel memiliki alur yang panjang, rumit, dan dinamis dengan jumlah ruang yang tidak terbatas. Hal ini lah yang membuat novel memiliki jumlah kata yang banyak dibandingkan dengan cerpen.

3. Perbedaan Penokohan/Karakter

Selain perbedaan jumlah kata dan alur, perbedaan tokoh juga menjadi salah satu penyebab perbedaan cerpen dan novel. Cerpen biasanya memiliki plot cerita yang singkat dan sederhana yang menggambarkan beberapa jumlah tokoh atau karakter. Biasanya dalam cerpen yang ditonjolkan hanya sifat karakter atau watak si tokoh utama. Sedangkan dalam novel memiliki tokoh karakter yang cukup banyak, dari beberapa tokoh mempunyai karakter atau sifat yang ditonjolkan berbeda-beda.

4. Perbedaan Perwatakan

 

Jumlah kata sebagai salah satu erbedaan antara novel dan cerpen juga membuat watak di dalam sebuah cerpen dapat diungkap secara jelas, singkat dan lagsung pada dengan apa yang dituju. Sedangkan dalam satu novel biasanya karakter tokoh nantinya akan diungkap secara perlahan dan sedikit mengikuti perjalanan cerita.

5. Perbedaan Latar

Latar meliputi tempat, waktu, dan suasana. Pada umumnya jumlah latar dalam sebuah cerpen singkat dan sedikit, tidak lebih dari 10. Sedangkan untuk jumlah latar dalam sebuah novel biasanya lebih banyak dengan jangkauan geografis yang sangat luas anatra satu bab dengan bab lainnya.

6. Perbedaan Konflik

Biasanya konflik dalam permasalahan menjadi salah satu ciri khas dari novel maupun cerpen, biasanya novel maupun cerpen memiliki konflik yang rumit. Perbedaanya cerpen memiliki konflik yang singkat atau hanay terdapat 1 titik klimaks, sedangkan novel memiliki jumlah yang sangat banyak kemungkinan mempunyai lebih dari satu konflik dari beberapa titik klimaks.

Nah itulah beberapa perbedaan antara antara novel dan cerpen yang harus kamu ketahui, ternyata novel dan cerpen memiliki perbedaan yang cukup signifikan lho. Bagi kamu yang suka membaca, pasti dapat membedakan antara novel dan cerpen. 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Demam Berdarah yang Paling Umum Beserta Gejala dan Cara Pengobatannya
Artikel Selanjutnya
Mengenal Penyebab Disleksia pada Anak Beserta Gejalanya