Sukses

Lifestyle

7 Rekomendasi Buku Jurnalistik yang Wajib Jadi List Baca Kamu

Fimela.com, Jakarta Tertarik dengan jurnalistik? Mungkin sebagian orang senang dengan dunia jurnalistik. Membaca buku mungkin menjadi salah satu hobi bagi sebagian orang. Hal ini akan memberikan hiburan serta mendapat pengetahuan dari buku yang kita baca.

Seperti kata pepatan “Buku adalah jendela ilmu” hal ini dimaksud bahwa ketika kita membaca buku maka pengetahuan yang kita dapatkan sangat luas dan menjabar. Selain itu membaca buku juga dapat mengisi waktu luang kita dan menjadi solusi jika kita telah melakukan aktivitas seharian.

Jika kamu seorang jurnalis maka perlu membaca buku untuk mendapatkan berbagai kosa kata baru. Atau kamu salah satu orang yang menyukai dunia jurnalistik tentu akan mencari buku yang sesuai untuk dibaca. Nah berikut beberapa rekomendasi buku jurnalistik yang wajib kamu baca:

Jurnalisme Dasar – Luwi Ishwara

Buku ini menyajikan bagaimana ciri jurnalisme dan memuat ringkasan tentang intisari dari Sembilan elemen jurnalisme Kovach Rosenstiel. Selain itu buku ini juga berisi mengenai perkembangan jurnalisme di berbagai belahan dunia secara runut.

Menurut penulis dalam buku ini sebagai seorang jurnalis harus memiliki sikap skeptis. Yang dimaksud adalah mempertanyakan segala sesuatu hal, meragukan apa yang diterima, dan mewaspadai segala kepastian agar tidak mudah ditipu.

Bahasa Jurnalistik – Drs. AS Haris Sumadiria M.Si

Selanjutya bagi para jurnalis dan penulis, bahasa merupakan salah satu senjata mereka. Hal ini dikarekana beberapa tulisan maupun kata yang dilontarkan dapat menjadi peluru.

Maka dari itu penulis menyajikan bahwa sebagai jurnalis juga perlu menguasai bahasa jurnalistik yang bak dan benar. Seperti menguasai kosa-kata, ejaa, pilihan kata, kalimat, dan paragraph.

3. The Journalist – Zaenuddin HM

Dalam buku yang selalu menjadi permasalahan utama adalah penyebaran HOAX. Padahal hal ini dapat memprovokasi pembaca atau pendengarnya.

Selain itu buku ini memberitahu pembaca bahwa di Indonesia masih sangat marak dengan adanya berita HOAX yang selalu terjadi. Buku ini sangat direkomendasikan untuk jurnalis agar berhati-hati dengan tulisan yang mereka publish.

4. Karena Jurnalisme bukan Monopoli Wartawan – Rusdi Mathari

Buku ini juga menyajikan HOAX yang sellau muncul dan membuat beberapa orang percaya dengan berita yang disajikan tentu membuat jurnalisme berada pada hal yang menegangkan. Dalam buku ini penulis membaca situasi tersebut dan menajukan berbagai refleksi serta kritik untuk dunia media dan jurnalisme.

5. ‘A9AMA’ Saya Adalah Jurnalisme – Andreas Harsono

Dalam buku ini penulis banyak memberikan kritikan terhadap praktik jurnalisme media-media di Indonesia. Selain itu dalam buku ini kamu dapat melihat berbagai topik tulisan yang dikelompokkan ke beberapa tema besar seperti laku wartawan, penulisan, dinamika ruang redaksi, dan peliputan.

6. Seandainya Saya Wartawan tempo – Goenawan Mohamad

Buku ini memiliki ciri yang berbeda dari biasanya. Didalamnya Goenawan menulsi berita yang bersturkrur piramida terbalik (straight news). Selain itu jika isu yang disajikan dalam bentuk straight news biasanya akan cepat basi, sedangkan karakter feature adalah timeless.

7. The Complete Ideals Guides : Journalism – Christopher K.Passante

Dalam buku ini kamu tak perlu membuat buku teks. Karena dalam buku ini dapat menjadi pendampung ketika kamu akan belajar menegnai buku teks dan menerapkan berbagai teknik jurnalisme di lapangan. Tentunya buku ini dirancang dengan praktis dan mudah dipahami.

Nah itulah beberapa rekomendai buku jurnalisitik yang harus kamu baca. Dari beberapa rekomendasi buku diatas dapat menambah pengetahuan mengenai jurnalistik.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
9 Penyebab Tidak Nafsu Makan Pada Anak yang Bikin Khawatir
Artikel Selanjutnya
9 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Sangat Menganggu