Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Anjing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya Agar Nafsu Makan

Fimela.com, Jakarta Kehilangan nafsu makan (anoreksia) atau penurunan nafsu makan (hiporexia) pada anjing tentu akan membuat Stress bagi pemiliknya. Sering kali hal ini menunjukkan salah satu kondisi medis yang mendasarinya.

Anoreksia selama lebih dari 24 jam juga tidak boleh diabaikan, hal ini sering kali merupakan sebuah peringatan bagi pemiliknya. Anjing yang tidak mau makan tentu membuat kita khawatir akan kesehatannya.

Karena hilangnya nafsu makan pada anjing juga dapat mengindikasikan suatu penyakit, ada baiknya jika kamu mencari dokter untuk perawatan anjing. Nah berikut beberapa penyebab anjing tidak mau makan:

1. Penyakit

Salah satu penyebab anjing tidak mau makan adalah nafsu makan yang berkurang sehingga dapat menyebabkan anjing terkena penyakit, terutama jika kamu melihat bahwa anjing menunjukkan gejala lain pada saat bersamaan.

Meskipun hilangnya nafsu makan anjing bukanlah tanda penyakit serius, namun kamu perlu membawa anjing ke dokter untuk mengetahui beberapa penyakit yang signifikan.

2. Penyakit Gigi

Anjing kamu mungkin tidak mau makan karena ada sesuatu di mulutnya yang dapat menyebabkan rasa sakit. Kamu dapat berkunjung ke dokter hewan untuk memeriksa gigi yang patah atau lepas.

3. Vaksinasi

Beberapa anjing yang vaksinasi biasanya mereka akan sedikit susah untuk makan. Untungya vaksinasi tersedia untuk berbagai penyakit anjing yang serius dan menular. Nafsu makan menghilang setelah vaksin mungkin menjadi salah satu efek untuk anjing, namun hal ini biasanya akan bersifat semetara.

4. Perjalanan dan Lingkungan Asing

Jika nafsu makan anjing baik-baik saja sampai kamu melakukan perjalanan dengan mereka, atu pindah ke lokasi baru. Mungkin anjing peliharaan kamu sedikit sulit makan saat akan bepergian atau ke lingkungan yang asing. Beberapa hewan biasanya akan mengalami mabuk perjalanan dan beberapa lainnya tidak nyaman dengan tempat baru.

5. Perilaku

Beberapa anjing akan pilih-pilih makanan, bahkan ada yang menolakn untuk beberapa makanan. Atau beberapa lainnya dapat disebabkan mangkuk makanan yang terlalu tinggi sehingga tidak membuat nyaman. Karena nafsu makan yang menurun tentu akan membuat anjing sakit.

6. Masalah dengan Makanan

Selain itu penyebab anjing tidak nafsu makanan adalah makanan yang diberikan. Bisa jadi makanan yang disajikan untuk anjing sudah tua, akadaluarsa, atau basi. Sementara beberapa jenis anjing biasanya akan memakan apapun yang terlihat.

7. Stress atau Cemas

Stress, kecemasan, atau takut dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada beberapa anjing, seperti halnya manusia. Kamu juga perlu tahu, bahwa apa yang membuat kamu stress berbeda dengan apa yang dianggap anjing sebagai stress. Mungkin beberapa hal kecil juga dapat menimbulkan kecemasan dan menyebabkan mereka tidak mau makan.

Cara Mengatasi Anjing Tidak Nafsu Makan

Jika sudah dua hari atau lebih, sejak anjing kamu tidak nafsu makan. Mungkin hal ini dapat menjadi masalah yang serius, berikut beberapa cara untuk mengatasi anjing tidak nafsu makan:

  • Amati perilaku anjing.
  • Periksa gigi dan tubuh anjing.
  • Periksa lingkungan, cari tau penyebabnya.
  • Periksa makanan yang kamu sajikan kepada anjing.

Nah informasi diatas semoga dapat bermanfaat untuk kamu, yang sedang gelisah dalam menghadapi anjing yang tidak mau makan. Kamu juga perlu memperhatikan kesehatan dan pola makan anjing agar ia nafsu makan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Mengatur Pengeluaran Belanja untuk Skincare
Artikel Selanjutnya
7 Arti Melihat Pemakaman yang Mencekam dan Bikin Merinding