Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Novel Fantasi Terbaik Versi Gramedia

Fimela.com, Jakarta Membaca buku memang lebih makan waktu daripada nonton film. Nggak heran kalau orang-orang lebih memilih untuk beli tiket bioskop dan nonton film fantasi yang mereka tunggu-tunggu selama ini daripada harus duduk berjam-jam dan membaca bukunya.

Namun, ada banyak hal yang muncul di buku dan nggak tervisualisasikan dalam film. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini selain keterbatasan durasi dan perubahan cerita saat pengembangan skenario terjadi.

Nah supaya kamu nggak kehilangan banyak momen seru dalam sebuah kisah fantasi yang diangkat dari buku ke layar lebar, perlu deh kayaknya kamu mulai membaca. Nah, apakah kamu mengalami kebingungan saat memilih novel fantasi yang seru untuk dibaca ? 

Jangan khawatir, berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 5 rekomendasi novel fantasi terbaik versi Gramedia. Dijamin semua rekomendasi novelnya bakal bikin kamu ketagihan buat membaca. Simak semua rekomendasinya di bawah ini:

1. Tujuh Kelana – Nellaneva

Novel fantasi berjudul Tujuh Kelana adalah karya yang ditulis oleh Nellaneva, penulis cerita fantasi asal Indonesia. Novel yang diterbitkan pada tahun 2020 ini adalah novel lokal yang menyuguhkan kisah fantasi menakjubkan dan beda dari cerita fantasi pada umumnya. 

Singkatnya, novel ini bercerita tentang Zarra dan Dion, dua manusia yang secara tidak sengaja mendapati sebuah permata merah yang mana permata itu merupakan potongan kunci pada sebuah portal atau gerbang. Selain itu, mereka membuat potongan kunci tersebut melahirkan sinar terang saat manusia lain tidak dapat melakukannya, bahkan para Kaum Pelindung pun merasakan kesakitan saat menyentuh dan memegang permata ini.

Namun, siapa sangka bahwa nyatanya terdapat tujuh permata yang sama yang sudah disebarkan di penjuru dunia. Ketujuh permata itu sendiri adalah sebuah kunci atas portal ajaib yang berada di sebuah pulau, Pulau Keramat namanya. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kunci portal ajaib? Yuk, cari tahu jawabannya dengan membaca novelnya sekarang juga!

2. Curiosity House: The Shrunken Head – Lauren Oliver & H.C. Chester

Berikutnya, novel fantasi yang tidak kalah seru ialah novel yang berjudul The Shrunken Head. Novel ini merupakan karya Lauren Oliver dan H.C. Chester yang terbit pada tahun 2015. Kemudian, di tahun 2017 berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Noura Books (PT Mizan Publika).

Latar yang digunakan dalam novel ini berawal dari museum aneh, tetapi nyata bernama Dumfrey. Dumfrey merupakan dime museum yang masih bertahan di tengah banyaknya museum serupa yang tidak lagi berfungsi dan beroperasi. Di museum tersebut, para pengunjung dapat melihat dan menyaksikan berbagai hal unik dan aneh, serta melihat penampilan berbagai anak istimewa yang mempunyai kemampuan tidak biasa.

 

Novel yang tebalnya sekitar 308 halaman ini dinilai memiliki alur cerita yang sangat menarik. Pembaca pun akan dibuat penasaran dengan apa yang ada dan terjadi di museum tersebut. 

3. The False Prince – Jennifer A. Nielsen

Novel The False Prince pertama kali diterbitkan pada bulan April tahun 2012. Kabar baiknya, novel ini pernah menjadi nominasi Goodreads Choice Awards Best Middle Grade & Children’s. 

Novel setebal 392 halaman ini mengisahkan aksi pencurian daging oleh seorang anak, Sage namanya. Upaya pencurian itu hampir kandas, tetapi berhasil diselamatkan oleh Conner. Sayangnya, tidak lama setelah itu, Sage diculik oleh dua orang lainnya, yaitu Mott dan Cregan. Sage tidak sendirian, ia bersama tiga anak lelaki lainnya dalam percobaan penculikan itu. Tiga anak lelaki yang dimaksud bernama Roden, Latamer, dan Thomas.

Lalu, bagaimana kelanjutan ceritanya? Apakah Sage dan ketiga anak lainnya selamat? Cari tahu jawabannya dalam novel The False Prince ya, Ladies. 

4. Mata di Tanah Melus – Okky Puspa Madasari

Buat kamu para pecinta novel fantasi lokal, pasti novel yang satu ini sangat cocok untukmu. Mata di Tanah Melus merupakan novel yang ditulis oleh Okky Madasari dan terbit pada tahun 2018. Novel dengan genre fantasi ini dapat dijadikan sebagai referensi bacaan baru bagi anak-anak. Meskipun ini terkesan sebagai bacaan anak, kalangan dewasa pun dapat menikmati Mata di Tanah Melus ini.

Novel setebal 192 halaman ini dinilai sarat akan nilai-nilai penting yang disampaikan, di antaranya mengenai persahabatan, keberanian, keadilan, kemanusiaan, dan pentingnya sebuah keluarga. Novel fantasi berlatar di Nusa Tenggara Timur ini mengangkat kisah petualangan Matara, seorang anak perempuan dari Jakarta.

Di tengah petualangannya, ia mendapatkan seorang teman baru yang berasal dari suku Melus, Atok namanya. Pertemuan keduanya berawal dari terpisahnya Mata dengan mamanya sampai akhirnya ia terjebak dengan bangsa Melus yang menutup diri. Apakah Matara dapat bertahan dengan bangsa Melus? 

 

5. The Bliss Bakery Trilogy #1 – Kathryn Littlewood

Terakhir, novel bergenre fantasi dengan tema keluarga yang tentunya tidak boleh kamu lewatkan. The Bliss Bakery Trilogy #1 merupakan novel yang mengisahkan keluarga Bliss si pemilik toko roti Follow Your Bliss yang menetap di sebuah kota kecil bernama Calamity Falls, Amerika Serikat.

Seyogyanya, mereka hanyalah keluarga biasa dengan empat orang anak di dalamnya, yaitu Rose, Ty, Sage, dan Leigh. Di keseharian mereka, Albert Bliss dan Purdi mengolah beraneka ragam pastry untuk dijual di toko mereka.

Namun siapa sangka, sesuatu yang menakjubkan pun menimpa keluarga mereka. Hal ini tatkala Purdy dan Albert Bliss mempunyai magic book, yaitu bernama Bliss Cookery Booke. Buku ajaib itu mereka pakai untuk mengolah kue-kue ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit dan menemukan barang yang hilang. Wow, sungguh menakjubkan, bukan? Yuk, cari tahu kelanjutan ceritanya dengan membaca novelnya, Ladies!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading