Sukses

Lifestyle

Silaturahmi Lebaran Usai, Saatnya Beres-Beres Rumah Lagi Bun!

Fimela.com, Jakarta Senang ya rasanya rumah jadi ‘basecamp’ untuk kumpul-kumpul keluarga saat Lebaran kemarin. Rasa rindu tak tertahankan setelah 2 tahun harus berjauhan akhirnya bisa dituntaskan di momen Lebaran tahun ini. Berbagai cerita pasti banyak dibagikan kepada keluarga yang bisa bersilaturahmi kembali.

Setelah Lebaran usai, satu per satu keluarga pun kembali ke daerahnya masing-masing. Namun, ternyata masih ada PR yang menanti kamu sebagai tuan rumah. Apalagi kalau bukan beres-beres rumah! Yup, ternyata membereskan rumah nggak hanya perlu dilakukan sebelum Lebaran tiba, tapi juga setelah usai silaturahmi. Mulai dari mana sih?

Simpan Sisa Kue Lebaran dengan Benar

Lebaran memang sudah usai, tapi nggak jarang sisa kue Lebaran masih memenuhi toples di rumah. Biar awet dan lebih tahan lama, perhatikan cara penyimpanan sisa kue kering tersebut. Pastikan kamu menyimpannya di stoples kedap udara untuk menjaga teksturnya tetap renyah. Selain itu, bisa juga gunakan silica gel berstandar food grade untuk menjaga tekstur makanan tetap renyah.

Bereskan Dapur

Dapur menjadi bagian essensial saat melakukan persiapan Lebaran. Memasak, menyiapkan makanan, hingga cuci-cuci peralatan masak dilakukan di bagian yang satu ini. Setelah Lebaran usai, coba deh cek kembali dapur. Mungkin masih ada noda makanan dan sisa minyak yang membuatnya terlihat kotor.

Mumpung sudah nggak ada tamu lagi, sekarang waktunya membersihkan dapur dengan dengan seksama, hingga ke bagian yang paling tersembunyi sekalipun. Selain itu, tata ulang peralatan masak dan makan yang banyak digunakan selama momen Lebaran lalu agar kembali rapi.

Tata Ulang Ruang Tamu yang Berantakan

Jadi tempat berkumpulnya keluarga besar selama momen spesial, ruang tamu mungkin jadi bagian di dalam rumah yang paling berpengaruh. Nggak jarang ruangan ini jadi serbaguna, yaitu sebagai tempat mengobrol bareng, makan, hingga bermain anak-anak. Jadi, bukan hal yang mengherankan jika banyak barang-barang di ruang tamu yang akhirnya berpindah tempat.

Sekarang waktunya mengembalikan ruang tamu seperti sedia kala. Tata ulang meja, kursi, karpet dan singkirkan barang-barang yang nggak seharusnya ada di sana. Ruang tamu yang bersih dan tertata rapi bisa bikin kamu lebih siap menghadapi jika ada tamu dadakan yang akan berkunjung.

Kamar Tidur Nggak Boleh Ketinggalan

Banyak saudara yang menginap di rumah, kamar pun menjadi salah satu bagian yang sudah pasti berantakan. Ketika momen liburan sudah selesai, waktunya kembali membersihkan kamar agar rapi dan nyaman digunakan.

Awali dengan mengganti seprai kasur dan bersihkan lantai, meja, hingga jendela dari debu-debu yang menempel. Jangan lupa buka jendela kamar agar sirkulasi udara lancar, jadi kamu bisa mendapatkan udara segar yang baik untuk kesehatan.

Banyak pekerjaan rumah yang menanti setelah Lebaran usai. Tapi jika dilakukan dengan sepenuh hati dan perlahan-lahan, pasti akan cepat selesai dan nggak memberatkan. Sudah beres-beres rumahmu sendiri belum nih, Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading