Sukses

Lifestyle

5 Tanda Masa Lalumu Sebenarnya Membuat Mentalmu Kuat Saat Ini

Fimela.com, Jakarta “Life can only be understood backwards; but it must be lived forwards.” (Søren Kierkegaard) Saat mengingat masa lalu, hal apa yang paling terkenang di benakmu? Ada pengalaman apa saja yang tak pernah terlupakan dari ingatanmu? Bagi kamu yang merasa masa lalumu penuh duka dan luka, tak perlu terlalu bersedih sebab semua itu bisa jadi yang menempa mentalmu jadi lebih kuat saat ini.

Sekarang coba luangkan sedikit waktu untuk menghadirkan sudut pandang yang lebih positif tentang kehidupanmu. Ini tanda bahwa sebenarnya masa lalumu menghadirkan pengalaman berharga dalam hidupmu.

 

 

1. Ada Pelajaran yang Bisa Dipetik

“Yesterday is history, tomorrow is a mystery, today is a gift of God, which is why we call it the present.”― Bill Keane

Masa lalu menyajikan banyak pengalaman dan kejadian yang tak terlupakan. Ketika kamu menyikapi setiap hal dengan mengambil hikmah atau pelajarannya, maka sebenarnya kamu bertumbuh dalam prosesnya. Masa lalu memang sudah berlalu, tapi pelajaran dan hal positif yang bisa dipetik bisa menjadikanmu pribadi yang berbeda saat ini, yaitu pribadi yang lebih kuat.

 

 

2. Ada Pilihan-Pilihan Baru yang Kamu Buat dalam Hidup

“We are products of our past, but we don't have to be prisoners of it.”― Rick Warren, The Purpose Driven Life: What on Earth Am I Here for?

Masa lalu memang membuatmu teringat akan beberapa hal yang sekiranya kurang menyenangkan. Akan tetapi, kamu tak membiarkan dirimu terpenjara di dalamnya. Selama kamu masih bisa dan mau membuat pilihan-pilihan baru dalam hidup untuk beradaptasi dengan dinamika kehidupan yang ada, maka sebenarnya mentalmu makin kuat seiring waktu berjalan.

 

 

3. Ada Sudut Pandang Lebih Luas tentang Kehidupan yang Kamu Miliki

“The past was always there, lived inside of you, and it helped to make you who you were. But it had to be placed in perspective. The past could not dominate the future.”― Barbara Taylor Bradford, Unexpected Blessings

Masa lalumu mungkin berat. Mungkin banyak hal yang sebenarnya tak ingin kamu ingat. Walaupun demikian, selama kamu bisa berdamai dengan semua itu maka kamu akan memiliki mental yang lebih kuat. Sebab pada dasarnya ada sudut pandang yang lebih luas untuk dimiliki saat ini. Makin luasnya pandanganmu membentukmu jadi pribadi yang lebih tangguh.

 

 

4. Ada Keberanian untuk Tetap Mencoba Hal Baru

“We don't have to be defined by the things we did or didn't do in our past. Some people allow themselves to be controlled by regret. Maybe it's a regret, maybe it's not. It's merely something that happened. Get over it.”― Pittacus Lore, I Am Number Four

Kekecewaan mungkin masih kamu rasakan terhadap hal-hal yang pernah terjadi di masa lalu. Pengalaman pahit dan penuh kegagalan pun masih sesekali membayangi masa kini. Namun, selama kamu masih mau dan berani untuk mencoba hal baru dalam hidup maka sebenarnya kamu memiliki mental yang lebih kuat. Sebab bagimu hidup adalah petualangan dan kamu meyakini selalu ada hal baik yang akan kamu alami selama kamu masih mau melangkah ke depan.

 

5. Ada Kemampuan untuk Masih Mensyukuri Semuanya

 

“My past has not defined me, destroyed me, deterred me, or defeated me; it has only strengthened me.”― Steve Maraboli, Unapologetically You: Reflections on Life and the Human Experience

Selama hatimu masih bisa dipenuhi rasa syukur maka sebenarnya kamu bisa bahagia dan lebih kuat dalam menjalani hidup. Hati yang penuh syukur akan terasa lebih lapang, dan itu akan menolongmu untuk bisa bertahan lebih baik melewati masa-masa sulit. Selain itu, kamu pun bisa mengelola emosi dan stres dengan lebih baik.

Semoga ke depannya kamu bisa menjadi pribadi yang lebih bijak juga, ya. Saatnya untuk fokus jalani masa kini sebaik mungkin demi masa depan yang lebih indah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading