Sukses

Lifestyle

8 Nasehat Seorang Ibu yang Selalu Relevan dari Dulu Sampai Sekarang

Fimela.com, Jakarta Ketika masanya tiba, seorang perempuan akan menjadi ibu bagi anak-anaknya. Proses itu pun berlanjut sebagai siklus kehidupan. Walau usia ada batasnya, tetapi selalu ada kenangan manis yang didapatkan seorang anak dari ibunya. Tak melulu berupa materi, kadang hal-hal yang membekas di benak ini bisa berupa nasehat atau pesan positif.

Walau seringnya disampaikan secara turun-temurun, nyatanya nasehat yang disampaikan ibu ini kerap banyak benarnya. Tak jarang karena bermanfaat, nasehat-nasehat dari ibu tersebut akhirnya kerap dijadikan pegangan hidup yang selalu diingat kemanapun perginya, termasuk saat merantau jauh dari ibu misalnya. Menariknya, delapan nasehat seorang ibu ini selalu relevan dari dulu sampai sekarang. Apa saja?

Bersikap Baik dan Sabar

Ibu kerap jadi teman di kala suka dan duka. Ketika tak ada yang mau menerima keluh kesah yang dirasakan, ibu selalu membuka tangan untuk mendengarkan cerita anak-anaknya. Ketika momen ini terjadi, ibu biasanya memberikan nasehat, seperti “Jadilah baik dan sabar dalam menghadapi masalah, karena kesabaran merupakan kunci kebahagiaan.”

Berbuat Baik

Tak ada satu pun ibu yang menginginkan anaknya berbuat jahat. Sebab, hal jahat hanya akan mendatangkan pengaruh buruk bagi kehidupan anaknya. Lagipula seorang ibu juga tak akan rela jika anaknya dijahati orang lain, bukan? Itulah kenapa ibu selalu berpesan, seperti “Selalu berbuat baik kepada orang lain, karena kebaikan akan selalu membuahkan hasil yang baik pula.”

Belajar dan Berkembang

Sebagai orang tua, ibu juga selalu mengharapkan yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk dalam urusan menuntut ilmu. Ibu selalu yakin, jika orang berilmu selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan kehidupan. Karena alasan itulah ibu kadang selalu memberikan nasehat anaknya berulang kali, seperti “Teruslah belajar dan berkembang, karena ilmu adalah harta yang tidak akan pernah hilang.”

Bertanggung Jawab

Ibu yang baik tak luput mengajarkan anaknya untuk bisa bertanggung jawab, terutama atas segala perbuatan yang dilakukannya. Sebab, orang yang bertanggung jawab akan dipercaya banyak orang, baik dalam konteks sehari-hari maupun profesional. Tak heran jika ibu sering memberikan nasehat, seperti “Bertanggung jawablah atas tindakanmu dan keputusanmu, karena hal itu menentukan siapa dirimu.”

Hemat dan Bijaksana

Bisa dibilang kemampuan mengelola uang dengan hemat dan bijaksana dalam bersikap, sebagian besar diajarkan oleh seorang ibu. Sebab, sebagai ibu rumah tangga, ibu sangat berpengalaman dalam hal satu ini. Jangan kaget jika ibu pun sering bernasehat, seperti “Bijaksanalah dalam mengelola keuangan dan berhematlah, karena itu akan membantumu menciptakan masa depan yang lebih baik.”

Hargai Orang Lain

Ibu yang hebat akan mengajarkan anak-anaknya tentang menghargai orang lain. Sebab, hal ini akan memupuk toleransi sejak dini. Anak pun tak kaget saat menemukan banyak perbedaan saat bersosialisasi di luar rumah. Tidak heran jika ibu pun tak pernah bosan memberikan nasehat, seperti “Hargailah orang lain, karena setiap individu memiliki nilai dan martabatnya sendiri.”

Bersyukur

Menjadi seorang ibu memang tidak mudah, karena kadang tak hanya menerima kebahagiaan saja dari anak-anaknya. Kadang ibu juga harus menghadapi hal sulit, yang mungkin tak ditunjukkan kepada anak-anaknya. Dari sinilah ibu kemudian menasehati anak-anaknya untuk selalu bersyukur, seperti “Selalu bersyukur atas apa yang dimiliki, karena rasa syukur membawa kedamaian dan kebahagiaan.”

Menjaga Kesehatan

Bagi seorang ibu tak ada yang membuatnya sedih selain melihat anaknya sakit. Itulah kenapa ibu selalu mengingatkan anaknya untuk selalu menjaga kesehatan di manapun berada, termasuk dengan memberikan nasehat berulang kali, seperti “Jagalah kesehatanmu, karena kesehatan itu harta yang paling berharga.” 

Menjaga kesehatan ini pun cukup luas cakupannya. Salah satunya yang tak pernah ibu ingatkan kepada anaknya adalah rajin merawat diri termasuk merawat kesehatan kulit. Sebab, seiring pertambahan usia kondisi kulit setiap orang akan mengalami perubahan. Hal ini belum karena faktor lain, seperti perubahan hormon hingga faktor eksternal, seperti pengaruh cuaca dan polusi, yang bikin kesehatan kulit jadi terganggu.

Untuk itu, ibu biasanya selalu merekomendasikan perawatan kulit terbaik yang sudah terbukti hasilnya selama bertahun-tahun, seperti Clinical Solution dari ERHA yang terpercaya sejak 20 tahun yang lalu. ERHA Ultimate hadir sebagai solusi perawatan kulit dan rambut terbaik dengan tingkat kesembuhan paling tinggi, lebih dari 100 cabang yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, dan menghadirkan pengalaman terbaik dengan ahli dan spesialis kulit dan rambut terbaik di Indonesia.

ERHA Ultimate menghadirkan beberapa pilihan program klinik, seperti Anti Aging Center yang punya 3 program, yaitu Ultimate Younger Program, Bloom in Youth Program dan Gentlemen Program. Lalu, ada Acne Center dengan 3 program, yaitu No Acne No Cry Program, Comedoless & Poreless Program dan Acne Finale Ultimate Program.

Selain itu, ada Make Over Center yang hadir dengan 3 program, yaitu Body Goals program, Purely Poreless Program dan Shape Your Love Program. Ada pula Hair Care Center yang menawarkan 4 program, yaitu Hair Bro Program, Anti Stress Hair Fall Program, Love is in The Hair Program, serta Smooth & Clean No Hair Program.

Tak hanya itu, ERHA Ultimate juga memiliki Atopy & Skin Disease Center yang menjadi solusi bagi berbagai penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis dan lainnya, serta didukung oleh dokter spesialis kulit yang pengalamannya sudah tinggi. Ada 4 program yang ditawarkan, yaitu Atopy Cure Program, Psoriasis Program, Vitiligo Program, dan Skin Disease Program. 

Di samping itu, ada juga Brightening Center dengan 3 program, yaitu Crystal Clear Program, Royal Wedding Program, dan Glow Glam Program. Khusus Peeling Treatment, ada Ultra Bright Underarm Peeling dan Ultra Bright Intimate Peeling. Kedua treatment tersebut bisa didapatkan dengan harga Rp499.500. Selain itu, ada Glow & Go for Body with Collagen Serum untuk area punggung, dada, lengan, kaki, perut dan area tubuh lainnya dengan harga mulai Rp615.000. 

Bukan itu saja, ERHA Ultimate juga menghadirkan pembaruan, berupa fitur Smart Digital Clinic berupa Skin Age Detector (SAD), photobooth 6 angle, TV screen untuk para dokter melakukan cek kulit menyeluruh. Tampilan ERHA Ultimate kini juga lebih modern dan youthful. Menariknya lagi, kini jam operasionalnya lebih panjang, yaitu dari jam 10.00-22.00 WIB. Apabila ingin reservasi jadwal kunjungan serta konsultasi dengan dokter kini bisa dilakukan secara online melalui Whatsapp dan ERHA Buddy Mobile App.

Di samping itu, ada promo menarik yang bisa kamu nikmati bersama mama tercinta dari ERHA Ultimate. Promo tersebut berupa diskon 20% Product Plan khusus buat pelanggan baru, potongan Rp100.000 All Treatment, hingga Value Kit dengan potongan Rp300.000 sesuai S&K yang berlaku ya. 

Setelah melakukan treatment di ERHA Ultimate, posting fotomu bersama mama dan ceritakan pengalaman berharga dari mama untukmu. Tag dan follow Instagram @erha.ultimate dengan hashtag #MulaiDariMama. Jika beruntung, kamu berkesempatan dapat hadiah menarik berupa treatment bersama mama dan paket dari @dorebyletao lho! Jadi, pastikan buat ikutan keseruannya ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading