Sukses

Entertainment

Hari Kartini, Ini 5 Film Indonesia Tentang Perjuangan Perempuan

Fimela.com, Jakarta Selamat Hari Kartini, Sahabat Fimela! Ya, Kartini memang sosok yang sangat berharga bagi kaum perempuan. Pasalnya, ia telah memperjuangkan hak-hak perempuan sehingga bisa merdeka untuk sekarang ini. Seperti dalam kisahnya, pada zaman dahulu setiap perempuan hanya boleh berurusan dengan kegiatan di rumah. Namun berkat Kartini, akhirnya bisa bersekolah tinggi dan juga berkarya di berbagai bidang.

Pada masanya, Kartini telah memperjuangkan hak-hak perempuan. Nah, sekarang ini para perempuan pun tak berhenti. Mereka juga masih terus berjuang di bidangnya masing-masing. Dalam dunia perfilman tanah air, sejumlah sineas juga mengisahkannya menjadi sebuah cerita yang menginspirasi

Di Hari Kartini tahun 2020 ini, Fimela.com merangkum tentang film-film yang mengisahkan perjuangan seorang perempuan. Di antaranya adalah Athirah, Kartini, Eliana Eliana, 3 Srikandi, dan Sokola Rimba.

Athirah

Film berjudul Athirah yang tayang pada tahun 2016 silam ini mengisahkan tentang kehidupan perempuan berdarah Bugis-Makassar yang bernama Athirah. Perempuan tersebut adalah ibu dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Jufuf Kalla.

Untuk kisah film yang dibintangi Cut Mini ini mengadaptasi dari novel karya Alberthiene Endah. Riri Riza merupakan sang sutradara di balik film yang patut disaksikan kembali di hari Kartini sekarang.

Kartini

Tahun 2017, sutradara Hanung Bramantyo memproduksi film bertajuk Kartini. Dalam ceritanya tentang perjuangan sosok Kartini dalam menegakkan hak-hak perempuan untuk memperoleh kebebasan. Dalam film ini diceritakan bahwa kala muda, Kartini harus menjalani tradisi pingitan karena dinilai sudah siap untuk dinikahi.

Untuk film yang tayang pada 19 April 2017 lalu ini menghadirkan sejumlah bintang papan atas. Mereka adalah Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, Ayushita, Acha Septriasa, Christine Hakim, Reza Rahadian, Denny Sumargo, Djenar Maesa Ayu, dan lainnya.

Eliana Eliana

Untuk film yang satu ini memang terbilang cukup lawas. Pasalnya Eliana Eliana tayang pada tahun 2002 lalu. Riri Riza merupakan sang sutradara di balik film tentang perempuan yang satu ini. Rachel Maryam terlibat di dalamnya dan memerankan karakter utama si Eliana Eliana.

Bicara soal jalan ceritanya, film ini mengisahkan tentang perempuan yang berani memilih jalan hidupnya sendiri. Eliana merantau ke Jakarta tepat di hari pernikahannya dan berusaha melepaskan diri dari kedua orangtuanya di desa dengan segala peraturannya. Eliana memilih untuk merantau ke Jakarta dan ingin membuktikan kalau dirinya bisa berdiri sendiri.

3 Srikandi

Film 3 Srikandi yang rilis di tahun 2016 ini menceritakan tentang perjuangan tiga atlet perempuan Indonesia. Iman Brotoseno adalah sutradara yang menggarap  film yang satu ini dengan para bintang papan atas yang bermain di dalamnya. Reza Rahadian. Tara Basro, Chelsea Islan dan Bunga Citra Lestari, sosok yang turut bermain di dalamnya.

Dalam ceritanya, film 3 Srikandi ini menceritakan kehidupan di tahun 1988, tepatnya saat Olimpiade Seoul. Nur Fitriyana Saiman, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani, tiga perempuan yang mewakili Indonesia sebagai pemanah dan berhasil memenangkan medali dalam ajang Olimpiade. Namun di balik  itu semua, ternyata mereka bertiga memiliki masalah cukup berat. Hingga akhirnya mereka terjebak dalam suatu konflik permasalahan.

Sokola Rimba

Film garapan sutradara Riri Riza bertajuk Sokola Rimba ini tayang di tahun 2013 lalu, tepatnya pada 21 November. Kisahnya diangkat dari buku bertaju Sokolo Rimba yang merupakan karya Butet Manurung. Mengisahkan tentang anak rimba bernama Nengkabay, ia berasal dari suku Anak Dalam di Hutan Bukit Duabelas Hambi.

Dalam film yang satu ini dibintangi oleh artis-artis papan atas. Mereka di antaranya adalah Prisia Nasution, Rukman Rosadi, Nadhira Suryadi, Nyungsang Bungo dan lainnya.

Nah, itu tadi film-film tentang perjuangan perempuan yang bisa disaksikan di hari Kartini tahun 2020 ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading