Sukses

Parenting

8 Perubahan Besar Pada Payudara Ketika Kamu Hamil

Mungkin selama ini kamu sudah mengenal payudaramu dengan bentuk dan ukuran seperti saat ini, tak pernah ada yang berubah dan kamu juga tak perlu mengkhawatirkan banyak hal. Tapi ternyata payudaramu bisa mengalami banyak hal saat kamu hamil.

Akan ada banyak perubahan yang terjadi pada payudaramu, dan kemungkinan delapan hal inilah yang akan terjadi seperti dikatakan Dr Mary Jane Minkin, M.D. dalam Parents.com berikut ini.

    Jadi lebih besar

    Karena pengaruh hormonal, akan ada banyak pembuluh darah dan jaringan kelenjar payudara yang berkembang mempersiapkan diri untuk memproduksi air susu nantinya. Umumnya, hanya dalam 6 minggu masa kehamilan, payudara akan mulai membesar.

    Jadi lebih berat

    Karena berkembangnya payudara dan akan semakin banyaknya aliran darah di dalam payudara tentu saja buah dada akan semakin berat. Dalam waktu 9 bulan kehamilan, berat badan wanita bisa bertambah satu kilogram, dan itu hanya berat payudaranya saja.

    Terasa sakit atau nyeri

    Karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron, serta perubahan jaringan di dalam payudara, kamu akan merasakan sakit atau nyeri karena perubahan tersebut. Hal ini wajar.

    Muncul pembuluh darah di permukaan kulit payudara

    Karena adanya proses perkembangan dan pembengkakan di payudara, terkadang payudara jadi lebih besar, menggembung dan bahkan muncul pembuluh darah vena warna biru kehijauan di permukaan kulit payudara. Tak perlu khawatir, hal ini wajar terjadi.

    Puting lebih besar

    Karena payudara sedang mempersiapkan diri untuk menyambut jabang bayi, mereka juga perlu 'memodifikasi' puting yang kamu miliki agar mudah dihisap oleh bayi dan agar air susu mudah keluar. Tak heran jika puting payudara akan lebih menonjol dan membesar. Bagian areola pun akan lebih lebar dan gelap.

    Mengeluarkan cairan

    Di waktu trimester akhir, kamu mungkin akan menyadari payudaramu mengeluarkan cairan kuning. Itu adalah kolostrum. Ini tanda payudaramu sudah siap, dan ini bisa lebih banyak keluar ketika mendekati waktu melahirkan.

    Muncul stretch mark

    Karena adanya pembesaran dan pembengkakan ukuran payudara yang 'tiba-tiba', bisa jadi kulit tubuhmu akan mengeluarkan stretchmark dan kulitmu jadi terasa gatal karena kemunculan stretchmark ini.

    Payudara jadi kendur

    Setelah hamil dan masa menyusui berakhir, payudaramu akan kembali ke bentuk semula, lebih kecil atau puting payudaramu akan mengecil juga, namun kulit payudara tak kembali ke bentuk semula alias jadi kendur. Payudara akan agak kendur dan turun, payudaramu telah benar-benar berubah.

Tak perlu terkejut hanya karena mereka sudah tak seperti dulu lagi, perubahan ini berujung baik kok ladies, dan kedua payudaramu sudah menjadi bagian tubuh paling penting yang membuat hidupmu dan bayimu lebih sehat, jadi berbanggalah jadi wanita seutuhnya.

 (vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading