Sukses

Parenting

Beberapa Penyakit Penyebab Nyeri Pada Puting Susu

Bagi anda yang saat ini sedang menyusui, waspadalah jika anda merasakan sakit di puting susu. Nyeri pada puting susu bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena timbulnya penyakit pada puting susu anda.

Di bawah ini adalah dua jenis penyakit puting susu yang sering menjangkit para ibu menyusui yang dibahas dalam situs babycentre.co.uk.

Penyakit Raynaud (Raynaud’s disease)

Tanda umum ketika anda menderita penyakit Raynaud ini adalah perubahan warna puting susu menjadi putih ketika terekspos udara dingin atau ketika anda merasa kedinginan. Selain itu, anda juga biasanya akan merasakan rasa sakit yang tiba-tiba atau seperti terbakar.

Jika ada memang terjangkit penyakit ini, ada baiknya jika anda memilih ruangan yang hangat ketika menyusui. Selain itu, menggunakan baju-baju yang tebal atau hangat ketika menyusui dan mandi air hangat setelah selesai juga akan sangat membantu.

Dermatitis atau eczema

Salah satu tanda dermatitis atau eczema adalah terjadi pembengkakan puting susu dan puting susu terasa gatal.

Penyebab munculnya penyakit ini adalah karena iritasi kulit akibat penggunaan krim, lotion, dan sabun. Selain itu, berenang di air yang banyak mengandung chlorine juga bisa menjadi penyebabnya.

So, untuk mencegah penyakit ini semakin parah, hindari penggunaan produk-produk di atas di daerah sekitar puting. Gunakan air biasa ketika membersihkan puting susu anda.

Terakhir, periksakan pada dokter anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

oleh: Alfi Suci D.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading