Sukses

Parenting

Mengenalkan Bayi Pada Makanan Padat

Pada usia enam bulan, bayi sudah saatnya diperkenalkan dengan makanan pendamping asi. Seringkali, orang tua khawatir dengan bagaimana cara yang tepat untuk mengenalkan buah hati dengan makanan padat. Apakah ladies juga mengalami kekhawatiran yang sama?

Cara yang paling mudah untuk mengenalkan makanan padat untuk pertama kalinya adalah dengan memberi makanan yang bertekstur sangat lembut. Ladies bisa mencoba nasi tim maupun kentang rebus yang sudah ditumbuk. Ladies bisa juga menambah variasi makanan padat dengan pisang atau apel yang juga sudah ditumbuk sampai halus.

Seperti yang dikutip dari babycentre.com, ladies dapat memberikan makanan padat pada buah hati saat sebelum atau setelah menyusui. Pastikan bahwa makanan padat tersebut tidak terlalu panas atau dingin sehingga nyaman di mulut buah hati.

Ladies tidak perlu merasa cemas apabila buah hati menolak dan memuntahkan makanan padat yang ladies berikan pada buah hati. Hal ini wajar terjadi karena buah hati belum terbiasa dengan jenis makanan baru. Ladies bisa mencoba lagi di lain waktu.

Kuncinya, ladies harus ekstra sabar dalam mengenalkan makanan padat ini. Pada awalnya, mungkin si kecil mengeluarkan kembali makanan keluar dari mulutnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, anak akan mampu untuk mengunyah dan menelan makanan tersebut dengan cepat.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)
;
Loading