Sukses

Parenting

Manfaat Pisang bagi Anak – Anak

Anak mana yang tidak suka menyibukkan diri mereka dengan segala macam permainan? Setiap hari, anak – anak setidaknya menghabiskan 5jam untuk melakukan segala macam aktifitas yang menghibur sekaligus akan menguras energi mereka.

Karena keaktifan mereka itulah mengapa asupan makanan kaya gizi dan nutrisi sangat penting bagi mereka. Energi yang mereka habiskan dengan bermain akan diisi kembali dengan asupan makanan yang cukup. Namun, selain makan nasi 3 kali sehari, mereka sering meminta camilan. Jika dibiarkan, camilan yang cenderung tinggi kalori dan rendah serat akan menyebabkan obesitas pada anak – anak.

Nah, inilah mengapa mengolah pisang menjadi camilan bagi anak – anak sangatlah dianjurkan.

Australianbananas.com.au menjelaskan bahwa pisang mulai dapat dikonsumsi oleh balita usia 6 – 7 bulan. Pada usia itu, para balita sudah mempunyai kemampuan mencerna makanan lebih baik.

Kandungan dalam pisang sangat baik bagi kesehatan. Anda pasti sering melihat para atlet mengkonsumsi pisang sebagai makanan sehari – hari mereka. Hal itu mereka lakukan bukan tanpa alasan.

Pisang sangat baik dikonsumsi karena kandungannya yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti mineral dan vitamin. Pisang dikenal dengan kandungan vitamin C, folat, riboflavin, vitamin B6 serta potassium. Kandungan – kandungan itulah yang membuat anak dengan cepat memperoleh energi mereka kembali setelah seharian bermain.

Selain itu, Bunda tidak perlu khawatir apakah kebutuhan serat anak akan tercukupi atau tidak. Satu buah pisang mengandung 3 gram serat. Kadar serat yang diperoleh dari konsumsi pisang sangat dalam mencegah konstipasi pada anak.


Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/tyn)
What's On Fimela
Loading