Sukses

Parenting

Faedah Memberikan Pendidikan Seks Pada Anak

Ladies, pendidikan seks bukanlah tentang mendukung anak untuk melakukan hubungan seksual pada saat usia remaja, tapi menjelaskan apa fungsi alami seks sebagai bagian diri mereka serta konsekuensinya jika disalah gunakan. Anda sebagai orang tua menjadi aktor utama dalam hal pendidikan anak.

Sedikit sekali masyarakat terutama orang tua yang peduli akan pendi¬dikan seks kepada anak-anaknya. Padahal dalam hal ini orang tua merupakan wahana belajar utama bagi anak, karena orang tua lah yang paling tepat untuk memberikan pendidikan seks pada usia dini. Anda sebagai orang tua tidak perlu ragu lagi akan pentingnya pendidikan seks sejak dini. Anda juga harus mulai untuk menghilangkan rasa canggung dan mulailah membangun kepekaan akan kebutuhan pendidikan seks pada anak.

Banyak sekali keuntungan yang didapat seorang anak jika mendapat penididikan seks ejak dini. Seperti yang dijelaskan pada situs debate.org, berikut beberapa keuntungan seorang anak mengetahui informasi seksual sejak dini, diantaranya:
- Anak mempunyai kesadaran akan pentingnya mengerti permasalahan seksualitas.
- Anak mempunyai kesadaran dapat manfaat dan fungsi seksualnya.
- Anak mengerti masalah-masalah seksualitas remaja.
- Anak mengerti faktor-faktor yang mengakibatkan munculnya masalah-masalah seksualitas.

Jika Anda sebagai orang tua merasa agak canggung untuk membicarakan topik-topik dan hal-hal yang berbau seksual kepada anak, Anda bisa meminta bantuan psikolog atau konselor untuk memberikan pendidikan seksual kepada anak dan membantu Anda merasa nyaman membicarakan topik ini. Semoga dengan pendidikan seks pada anak sejak dini, bisa mencegah pelecehan seksual dan perilaku seksual yang tidak bertanggung jawab yang dilakukan atau diarahkan kepada anak-anak Anda.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading