Sukses

Parenting

Perbedaan Penyakit Cacar Air dan Penyakit Cacar Api

Ladies, pasti kebanyakan orang pernah mendengar istilah penyakit cacar. Namun kenyataannya di lapangan tidak semua orang tahu secara persis penyakit apa yang dimaksud. Belum lagi ada istilah yang semakin membuat rancu, antara penyakit cacar air dan penyakit cacar api.

Nah, supaya Anda tidak semakin pusing dengan penyakit tersebut, berikut ini uraian singkat mengenai penyakit-penyakit tersebut seperti dilangsir pada situs wisegeek.org, di antaranya:

1. Dalam dunia medis, penyakit cacar air dikenal dengan sebutan varisela (varicella). Dalam bahasa Inggris sering dikenal dengan sebutan chicken pox. Penyakit cacar air sendiri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama varisela zoster.

Pada kebanyakan kasus, cacar jenis ini sebenarnya tidak berbahaya bila dibandingkan jenis cacar lainnya. Namun jejak yang ditinggalkannya berupa bekas-bekas hitam serta bopeng-bopeng masih kerap terjadi pada si penderita setelah ia sembuh dari penyakit tersebut.

2. Cacar Api penyebab utama timbul ketika daya tahan tubuh sedang lemah, kemudian disertai dengan tingkat kebersihan yang minim. Penyakit cacar api bisa menyerang pada setiap orang, meskipun si penderita sudah pernah mengalami cacar sebelumnya.
Penyakit cacar api sering ditemui di daerah-daerah yang rawan kuman dan bakteri, seperti ketiak, dada, serta punggung. Ciri ciri yang paling jelas ketika seseorang menderita cacar api adalah timbulnya benjolan kemerahan pada bagian kulit tersebut yang rupanya seperti bekas sundutan api rokok.

Biasanya dalam kulit tersebut berisi nanah, dan sangat mudah menular ketika si penderita berkontak langsung dengan orang lain.

Nah, bagaimana Ladies? Sudah paham kan? Jadi jangan salah paham lagi dengan cacar air dan cacar api.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading