Sukses

Parenting

Bayi Menolak ASI dan Hanya Mau Susu Formula, Amankah?

Fimela.com, Jakarta ASI (Air Susu Ibu) merupakan asupan nutrisi yang terpenting buat bayi. Namun sayangnya, meski ASI adalah asupan terpenting, tidak sedikit bayi yang tidak mau menyusu.

Mengenai bayi yang menolak menyusu, ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Antaranya adalah rasa ASI yang berubah karena makanan Mom berubah, bayi sakit mulut atau tumbuh gigi, hidung bayi tersumbat, puting payudara membuat bayi merasa tidak nyaman hingga bayi stres.

2 dari 3 halaman

Bayi Menolak Menyusu

Ketika bayi tidak mau menyusu, tidak sedikit Mom yang akhirnya mengganti ASI dengan susu formula. Lantas, apakah ini aman untuk bayi? Melansir dari laman hellosehat.com, selama asupan nutrisi susu formula baik untuk bayi, tidak apa-apa memberikan susu formula ke bayi. Pastikan untuk memberikan susu formula dengan porsi tepat dan sesuaikan dengan usianya. Perlu kita tahu, susu formula sudah dirancang mengandung nutrisi yang terbaik buat bayi.

Meski Mom sudah mencoba memberi ASI dan bayi tidak mau atau lebih memilih susu formula, usahakan untuk tetap memberinya ASI. Coba lagi untuk memberi ASI saat bayi mengantuk, pastikan jika bayi menyusu dengan senyaman mungkin, konsumsi makanan yang membuat rasa ASI lebih enak seperti sayur dan buah, menyusui di tempat yang nyaman dan tenang.

Jika masih kesulitan untuk menyusui, tak ada salahnya untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidah ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Menyusui Bayi dengan Puting Payudara Datar
Artikel Selanjutnya
Menyusui di Tempat Umum, Apa yang Harus Dipersiapkan?