Sukses

Parenting

Anak Masuk Angin? Begini Cara Mengatasinya Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya tidak ada istilah masuk angin dalam kedokteran. Masuk angin sejatinya merupakan gejala awal dari penyakit pernapasan dan pencernaan.

Setelah berlibur cukup lama, biasanya anak akan mengalami masuk angin. Masuk angin pada anak biasanya terjadi saat kehujanan, terlambat makan, makan atau minum-minuman yang dingin, serta terkena udara dingin terlalu lama. Nah, orangtua jangan panik dulu, berikut ini ada cara alami yang bisa dicoba untuk mengobati masuk angin pada buah hati.

Jangan panik ya Moms!

  • Yang pertama adalah beri banyak cairan untuk anak. Pastikan si kecil minum banyak air agar tidak dehidrasi. Berikan air hangat untuk membuat perutnya lebih nyaman.
  • Oleskan minyak kayu putih untuk mengurangi perut kembung dan juga kedinginan. Oleskanlah terutama di sekitar perut, punggung, tangan, dan kaki agar terasa hangat dan tubuh menjadi lebih nyaman.
  • Bisa juga dengan membalur anak dengan bawang merah. Geprek bawang merah dan campur dengan minyak kayu putih. Oleskan pada perut dan punggung anak. Ini akan membantu memperlancar peredaran darah, dan mengeluarkan angin dari tubuh anak.
  • Jika masuk angin parah sampai mual dan muntah, ibu bisa mencoba memberikan air jahe untuk si kecil. Air jahe dapat meredakan mual, muntah, dan menghangatkan tubuh anak. Selain jahe, sup jangat juga bisa berfungsi sama.

Hindari penggunaan kipas angin dan AC. Sebenarnya masuk angin ini bisa sembuh dengan sendirinya, ibu tak pelru khawatir yang berlebihan, tapi ada baiknya untuk melakukan perawatan dengan cara yang alami. Nah, jika dalam tiga hari masuk angin tak kunjung sembuh, bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Anak Menderita Diare, Obati dengan Segera dengan Cara Ini Mom