Sukses

Parenting

Ternyata Ini Alasan Anak-Anak Benci Makan Brokoli!

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan hal mengejutkan lagi jika anak-anak tak suka makan sayur, apalagi sayuran hijau seperti brokoli. Bagi anak-anak, brokoli adalah sayuran mimpi buruk dan sebisa mungkin tak masuk ke dalam mulutnya. Namun demi kesehatan, seringkali orangtua memaksa anak untuk makan.

Tapi tahukah alasan mengapa anak-aak begitu membenci brokoli? Padahal rasanya tidak buru-buruk amat, menurut orang dewasa. Bahkan brokoli memiliki rasa manis dan renyah yang enak. Ternyata, alasannya dapat dijelaskan secara ilmiah lho.

Sebuah penlitian tahun 2003 dari Genetic Science Learning Center University of Utah menemukan bahwa ada gen yang berhubungan dengan rasa makanan pada brokoli yang membuatnya tak disukai anak-anak, yaitu mengandung gen TAS2R38, yang mewakili salah satu rasa pahit.

Mungkin untuk beberapa lidah yang tidak terlalu sensitif, rasa ini tak akan banyak dirasakan atau tak bisa dideteksi sama sekali, namun bagi anak-anak yang memilili indera pengecap yang lebih sensitif, mereka mampu merasakan rasa pahit ini pada brokoli.

Alasan Anak Tak Suka Brokoli

Semua bayi dan anak-anak usia dini memiliki ribuan sel-sel perasa di mulutnya sementara orang dewasa hanya memiliki kurang lebih separuhnya saja. Mereka memiliki kecenderungan kuat lebih menyukai makanan manis dan menolak makanan pahit karena dalam otaknya, sesuatu yang pahit menunjuk pada racun.

Karena inilah anak-anak benci disuruh makan brokoli yang menurut mereka pahit. Jadi, sekarang sudah tahu kan apa alasannya, Moms? Akan lebih baik jika tidak dipaksakan atau beri sedikit demi sedikit saja, atau campurkan dengan sayuran lain yang anak sukai jika tetap ingin mengenalkan brokoli ke dalam asupan hariannya.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Social Skill Ini yang Perlu Diajarkan pada Anak untuk Menghadapi Era Modern
Artikel Selanjutnya
6 Tanda Orangtua Sudah Mengajarkan Kebiasaan Baik dan Benar pada Anak