Sukses

Parenting

Apa Sih Penyebab Perempuan Susah Hamil Anak Kedua?

Fimela.com, Jakarta Memiliki anak adalah suatu anugerah dari Tuhan. Beberapa pasangan memang diberi kemudahan untuk segera memiliki anak setelah menikah. Banyak pula yang sangat mudah memiliki anak kedua dan seterusnya. Tapi ternyata juga banyak perempuan yang susah hamil lagi setelah melahirkan anak pertama.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh infertilitas sekunder atau terjadi gangguan kesuburan untuk memperoleh anak kedua.

Perempuan yang sudah pernah memiliki anak, entah baru satu atau lebih. berisiko mengalami infertilitas sekunder. Pasangan yang sehat dan tak ada gangguan seksual pun juga bisa megalami infertilitas sekunder ini. Peyebabnya pun hampir sama dengan ketidaksuburan yang terjadi pada pasangan yang susah memiliki anak.

Hal ini disebabkan gangguan kesuburan untuk memperoleh anak kedua.

Ini karena setelah melahirkan dan berencana untuk hamil lagi banyak perubahan yang bisa terjadi pada organ reproduksi pria maupun perempuan. Perubahan inilah yang kadang menjadi penghambat untuk bisa hamil anak kedua dan seterusnya.

Susah punya anak lagi ini bisa juga disebabkan karena faktor usia dan tingkat kesuburan. Kualitas sperma pria dan juga kesempatan berhubungan seksual juga bisa jadi penyebabnya. Jika memang ingin memiliki anak kedua dan seterusnya namun susah, lebih baik berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan solusi terbaiknya.

 

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Awas, 3 Penyakit Ini Meningkatkan Risiko Susah Hamil Bagi Perempuan