Sukses

Parenting

Tips untuk Ibu Hamil Jalani Trimester Pertama dengan Nyaman

Fimela.com, Jakarta Trimester pertama kehamilan bisa jadi masa tersulit bagi ibu hamil, apalagi bagi yang baru mengalami kehamilan pertama. Memang bukan karena masalah yang berat, melainkan bagian dari proses adaptasi dengan berbagai kondisi yang melibatkan kehadiran si jabang bayi.

Proses adaptasi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang dirasakan ibu hamil setiap harinya sampai kandungan menguat seiring berjalan waktu. Selama proses ini, ibu hamil harus bersabar dan menikmati semua yang dirasakan.

Untuk membuat masa-masa trimester pertama lebih nyaman, kamu bisa terapkan tips berikut ini.

 

Tips Nyaman Menjalani Kehamilan Trimester Pertama

Selalu sedia camilanDi trimester pertama ibu hamil masih rentan merasa mual. Hal ini bisa diperparah jika perut kelaparan atau kekenyangan. Nah, camilan ini berfungsi untuk menyeimbangkan perut agar selalu terisi, tapi tidak sampai kekenyangan.

Sering beristirahat

Faktor hormon membuat tubuh makin cepat terasa lelah dan juga mengantuk selama kehamilan. Tidak memaksakan diri adalah kunci, cobalah untuk beristirahat sejenak kapanpun kamu merasa lelah dan mengantuk. Ini bisa membantu meminimalisir mual, kram, sampai heartburn yang kerap muncul di trimester pertama.

Pahami kebutuhan tubuh

Ngidam saat hamil bukan cuma mitos. Ibu hamil seringkali merasa menginginkan sesuatu, khususnya makanan. Yang harus dipahami adalah bahwa 'ngidam makanan' itu merupakan signal yang diberikan tubuh akan kebutuhan nutrisi yang belum dicukupi. Misal, kamu ingin es coklat, donat, atau cake; bisa jadi kamu butuh gula sebagai energi tambahan.

Banyak beraktivitas

Jika memungkinkan, tetap lakukan aktivitas reguler selama trimester pertama kehamilan. Ini bisa membantu tubuh dan mental tetap fit. Selama kamu merasa fit, jalan kaki, renang, atau yoga bisa dilakukan dengan approval dari dokter obgyn.

Pengalihan perhatian adalah kunci selama kamu merasakan masa-masa sulit kehamilan di trimester pertama ini. Dengarkan apa yang berusaha dikomunikasikan oleh tubuh, dan penuhi selama itu tidak membahayakan.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Hamil Tapi Tidak Mengalami Morning Sickness, Apakah Normal?
Artikel Selanjutnya
Ingin Ibu dan Calon Bayi Sehat? Rajinlah Berjemur Saat Pagi