Sukses

Parenting

5 Tips Agar Bayi Tidak Rewel Saat Tumbuh Gigi

ringkasan

  • Beri Sesuatu untuk Digigit
  • Makanan Dingin
  • Perbanyak Pemberian ASI

Fimela.com, Jakarta Sebagian bayi tidak menunjukkan tand-tanda sedang tumbuh gigi, begitu ia membuka mulut lalu terlihatlah gigi yang baru tumbuh. Bagi sebagian bayi yang lain, fase tumbuh gigi bisa sangat menyulitkan. Bayi bisa rewel, menangis, dan tidak bisa tidur.

Agar bayi tidak rewel saat tumbuh gigi, ada beberapa cara yang bisa kita coba. Selengkapnya, langsung saja simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Beri Sesuatu untuk Digigit

Dilansir dari shesaid.com, kita bisa memberi sesuatu untuk digigit pada bayi yang sedang tumbuh gigi. Seperti buah dingin, teething ring, atau sendok. Hindari pemberian benda yang terlalu dingin (seperti sendok yang baru dimasukkan ke dalam freezer) karena dikhawatirkan akan menempel pada gusi dan lidah bayi yang akan membuat keadaan makin buruk.

2. Makanan Dingin

Bukan makanan beku, ya. Tapi makanan dingin. Bila si kecil sudah mulai makan makanan padat, kita bisa memberi yogurt atau puree buah. Biasanya bayi akan kehilangan nafsu makan saat tumbuh gigi tapi kita tetap perlu berusaha memberinya makanan untuk asupan gizi dan nutrisinya.

 

3. Perbanyak Pemberian ASI

Sebagian besar bayi merasa nyaman saat disusui. Coba perbanyak intensitas pemberian ASI pada si kecil. Bila bayi memiliki kebiasaan menggigit puting saat disusui, cobalah untuk melepasnya perlahan agar tidak jadi kebiasaan yang makin sulit dihilangkan.

4. Alihkan Perhatiannya

Kita bisa mengajak si kecil ke taman atau jalan-jalan di sekitar rumah. Saat perhatiannya teralihkan ke hal-hal yang lebih menarik di sekelilingnya, dia bisa sedikit melupakan rasa sakit karena tumbuh gigi yang ia rasakan.

5. Pijat Gusi si Kecil

Dilansir dari mayoclinic.org, kita bisa mencoba memijat gusi si kecil untuk meredakan sakitnya. Caranya gunakan jari yang bersih atau bantalan kasa untuk memijat lembut gusi si kecil. Pijatan yang kita berikan bisa bantu meredakan sakitnya. Tapi saat memijat gusinya jangan ditekan terlalu keras, ya.

Pada sebagian kasus, bayi yang sedang tumbuh gigi bisa mengalami demam. Segera periksakan si kecil ke dokter bila kondisinya tampak mengkhawatirkan, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ayo ke Museum, Starbucks Indonesia Ajak Penikmat Kopi untuk Jelajah Museum
Artikel Selanjutnya
Kegagalan Membuat Kita Tak Baik-Baik Saja, tapi Hidup Masih Layak Diperjuangkan