Sukses

Parenting

Alasan Anak Pengidap Autisme Memiliki Otak Lebih Cerdas

Fimela.com, Jakarta Disadari atau tidak, beberapa anak dengan kondisi autisme biasanya memiliki otak yang cerdas, pandai berhitung, memiliki kemampuan melogika yang baik dan mampu menciptakan karya seni mengagumkan. Ada beberapa orang hebat di dunia yang mengidap autisme, sebut saja Albert Einstein, Sir Isaac Newton dan Mozart.

Kondisi autisme sendiri merupakan gangguan perkembangan otak yang memengaruhi kemampuan penderita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Umumnya pengidap autisme akan asik dengan dunianya sendiri dibandingkan berinteraksi dengan dunia sekelilingnya. Meski sulit berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, para pengidap autisme akan sangat ahli pada satu bidang tertentu.

Melansir dari laman parents.com, orang yang mengidap autisme mengalami gangguan lobus frontal (bagian otak depan) dan posterior (bagian otak belakang) Pada orang normal kedua bagian otak ini akan bekerja dengan selaras. Tapi, pada orang autisme terdapat masalah koneksi di bagian-bagian otak tertentu yang membuat otak tak bisa bekerja secara selaras.

Pengidap Autisme Memiliki Otak Lebih Cerdas

Beberapa penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika umumnya pengidap autisme memiliki otak yang lebih cerdas. Kecerdasan itu karena pengidap autisme memiliki konsentrasi yang sangat tinggi, daya ingatnya super tajam, teliti dan cermat dalam mengamati setiap detail dan lebih mengandalkan logika dibandingkan emosi atau perasaan.

Penelitian yang dilakukan oleh King's College di Inggris menemukan jika pengidap autisme mampu mengambil keputusan objektif dengan sangat baik di waktu yang tepat. Pengidap autisme juga mampu mempertimbangkan alasan-alasan yang logis juga objektif setiap kali membuat keputusan. Mereka lebih mengandalkan logika tanpa ada rasa marah, takut, cemas, khawatir atau bahagia yang meluap-luap.

Mengutip dari laman hellosehat.com, orang autisme dipercaya memiliki pola pikir yang unik. Meski pada bagian-bagian otak tertentunya mengalami masalah, hal ini justru membantunya memiliki pola pikir unik yang tak dimiliki orang lain pada umumnya. Daya ingat pengidap autisme biasanya juga sangat baik, jelas dan mengesankan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Pada Usia Berapa Anak Bisa Dideteksi Mengalami Autisme?