Sukses

Parenting

5 Tanda Balita Terkena Cacingan, Penting Diketahui!

ringkasan

  • Sakit Perut
  • Gatal yang Terus Menerus di Area Anus
  • Mengalami Gangguan Tidur

Fimela.com, Jakarta Anak-anak rentan terkena cacingan karena masalah kebersihan. Apalagi jika anak sering bermain di tempat yang terkontaminasi telur cacing, maka sangat besar risikonya mengalami cacingan. Jika orangtua tak berhati-hati dengan masalah kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak, maka anak-anak pun bisa terkena cacingan.

Beberapa ciri cacingan pada anak bisa berbeda tergantung dari jenis cacing yang menginfeksinya. Namun, secara umum tanda anak mengalami cacingan bisa dilihat dari lima hal berikut ini. Langsung saja kita simak di sini, ya.

1. Sakit Perut

Sakit perut pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah infeksi cacing. Dikutip dari honestdocs.id, sakit perut yang disebabkan oleh cacingan biasanya muncul kambuh-kambuan atau muncul berulang tapi tidak parah. Bila kita sering mendapati si kecil sakit perut, penting untuk segera mencari tahu penyebabnya dan menanganinya.

2. Gatal yang Terus Menerus di Area Anus

Seperti yang dikutip dari hellosehat.com, cacing kremi adalah jenis cacing yang lebih sering menyerang anak-anak. Salah satu penyebabnya adalah karena anak-anak sering main di tanah yang kotor dan tak membersihkan tangan dan tubuh dengan baik. Gatal yang terus menerus di area sekitar anus merupakan salah satu tanda cacingan. Intensitas gatal biasanya meningkat pada malam hari atau awal pagi hari saat cacing mencapai anus untuk bertelur. Bila tak segera diatasi, anus akan makin terasa nyeri dan bisa menyebabkan iritasi.

 

3. Mengalami Gangguan Tidur

Gejala ini berkaitan dengan sakit perut dan rasa gatal pada anus yang dialami anak. Karena masalah tersebut, anak jadi susah tidur. Sulit tidur nyenyak dan gampang gelisah. Cek pola tidur anak. Bila ia sering mengeluh susah tidur karena rasa tidak nyaman yang dialaminya, ada baiknya segera membawanya ke dokoter.

4. Sering Meludah dan Nafsu Makan Berkurang

Munculnya kebiasaan sering meludah bisa disebabkan oleh peningkatan air liru dalam membuat karena cacing. Bila anak makin sering meludah, coba waspadai gejala cacingan. Cacingan juga bisa ditandai dengan gejala penurunan nafsu makan. Berat badan anak pun jadi sulit naik.

5. Badan Kurus dan Ruam pada Kulit

Badan yang kurus pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena cacingan. Sebab saat terkena infeksi cacing, zat nutrisi yang semestinya digunakan untuk pertumbuhan anak malah diserap oleh cacing. Selain itu, pada beberapa kasus cacingan pada anak juga bisa menunjukkan gejala ruam pada kulit.

Mual, demam, tubuh yang tampak lemas, dan feses yang berbau sangat busuk juga bisa termasuk dalam gejala anak cacingan. Bila anak menunjukkan sebagian atau hampir semua gejala dan tanda di atas, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Alasan Utama Anak Harus Makan Wortel Setiap Hari
Artikel Selanjutnya
9 Makanan Tinggi Lemak Sehat yang Dibutuhkan Anak!