Sukses

Parenting

Penelitian Membuktikan 4 Alasan Anak Bahagia dari Ibu Pekerja

Fimela.com, Jakarta Banyak ibu bekerja berpikir bahwa meninggalkan anak untuk bekerja, membuat sang anak kurang perhatian dan kasih sayang.

Padahal, menurut para ahli justru mengatakan anak-anak dari ibu yang bekerja ternyata sama bahagia dengan mereka yang ibunya memiliki waktu yang banyak di rumah. Bahkan, seringkali mereka lebih sukses dalam kehidupan dewasa mereka.

Anak juga sebenarnya mendapat manfaat karena memiliki ibu yang bekerja. Berikut penjelasannya seperti yang dilansir Bright Side.

1. Anak tidak menderita

Ini selalu terjadi pada banyak ibu yang bekerja, anak ingin bermain dan berpelukan dengan ibu selama satu menit di pagi hari, dan akan mencium mereka mengucapkan selamat tinggal dan pamit untuk pergi bekerja.

Rasa bersalah, ketidaksetujuan sosial, dan meragukan keterampilan mengasuh anak mereka sendiri adalah hal-hal yang telah lama diperjuangkan para ibu pekerja.

Tetapi penelitian, yang dilakukan oleh Profesor Kathleen McGinn dari Harvard Business School, menunjukkan bahwa memiliki ibu yang bekerja tidak benar-benar memengaruhi kebahagiaan anak-anak. Baik putra dan putri ibu yang bekerja, mereka tetap bahagia sebagai anak-anak dan sebagai orang dewasa, dan mereka sering mendapat manfaat dari memiliki ibu yang memiliki pekerjaan.

Proyek penelitian ilmiah besar yang dimulai pada tahun 2015 ini menggabungkan data beberapa studi internasional yang secara keseluruhan, mensurvei lebih dari 100 ribu lelaki dan perempuan di 29 negara. Hasil survei ini membebaskan para ibu yang bekerja dari rasa bersalah dan keraguan diri, menunjukkan bahwa anak-anak mereka tidak kehilangan kebahagiaan dan kesuksesan, dan, sebaliknya, lebih baik dalam banyak aspek.

 

2. Anak perempuan dari ibu yang bekerja lebih sukses

Survei Kathleen McGinn menunjukkan bahwa anak perempuan dari ibu yang bekerja cenderung memiliki pendapatan tahunan yang lebih tinggi, mereka lebih cenderung dipekerjakan, dan sering menduduki posisi sebagai pengawas atau supervisor.

Secara keseluruhan, anak perempuan dari ibu yang bekerja berpenghasilan $ 1.880 per tahun lebih banyak dari anak perempuan dari ibu yang tinggal di rumah. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa pengalaman ibu yang bekerja mengajarkan putri mereka kebenaran yang sederhana, di mana sebagai ibu, berhasil menggabungkan karier dengan membesarkan anak-anak.

3. Anak laki-laki menghabiskan lebih banyak waktu untuk keluarga mereka

Mengamati pengalaman kerja ibu mereka membuat lelaki lebih peduli untuk mendukung istri mereka. Menurut penelitian, mereka cenderung menghabiskan 50 menit ekstra per minggu untuk membantu istri dan merawat anggota keluarga mereka.

4. Baik anak laki-laki dan perempuan yang ibunya bekerja memiliki sikap egaliter

Hal penting lainnya yang disurvei adalah bahwa anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga di mana kedua orang tua mereka menghasilkan uang memiliki kecenderungan untuk menghindari stereotip gender.

Anak lelaki dari ibu yang bekerja cenderung memilih istri yang bekerja dan memperlakukan perempuan secara adil di tempat kerja.

Anak perempuan mereka, pada saat yang sama, bebas dari rasa bersalah terhadap anak-anak mereka sendiri, karena mereka tahu bagaimana menjadi anak dari seorang ibu yang bekerja, dan mereka tahu caranya untuk menyeimbangkan pengasuhan dan karier.

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Award Bagi 2 Seniman Senior di Celebration of Indonesian Craftsmanship
Artikel Selanjutnya
Susah Tidur? Coba Latihan Pernapasan Ini untuk Mengatasinya