Sukses

Parenting

Mom, Ini Cara Mudah Meredakan Cegukan pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Cegukan yang dialami bayi merupakan hal yang wajar dan tak perlu terlalu dikhawatirkan. Umumnya, bayi akan mengalami cegukan dengan frekuensi cukup sering di awal-awal usianya.

Melansir dari laman hellosehat.com, cegukan pada bayi disebabkan oleh kontraksi diafragma. Diafragma sendiri merupakan lembaran besar otot yang berada di bawah paru-paru yang bersama dengan otot-otot antar tulang iga yang membuat kita bisa bernafas. Saat kita atau bayi cegukan, ada jaringan di tenggorokan yang tertutup.

Saat mendapati bayi cegukan, apa yang harus kita lakukan untuk meredakannya? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan cegukan pada bayi.

Cara Meredakan Cegukan Bayi

Cara Meredakan Cegukan Bayi

  1. Gendong bayi dalam keadaan tegak kurang lebih selama 20 menit. Goyang-goyangkan badannya secara perlahan agar ia merasa lebih nyaman dan tenang sehingga cegukan bisa diatasi dengan baik.
  2. Gosok dada bayi dengan lembut. Bila perlu, pijat dadanya secara perlahan sambil digendong dan digoyang-goyangkan lembut.
  3. Saat bayi makan, pangku bayi dengan posisi tegak. Cara ini dipercaya bisa mencegah dan meredakan cegukan pada bayi serta membantu mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam perut.
  4. Ketika menyusui, usahakan untuk memiringkan posisi bayi. Susui bayi secara perlahan dan minta bayi untuk menyusu sedikit saja. Tegakkan juga tubuh bayi untuk sesaat di atas pundak sampai ASI atau susu yang ia minum masuk ke dalam perut dengan sempurna.
  5. Bawalah bayi ke tempat yang hangat dan tenang. Ini akan membantunya lebih mudah bersendawa dan sembuh dari risiko cegukan.

Well Sahabat Fimela, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan cegukan pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Susi Pudjiastuti, Sosok Perempuan Fearless yang Jadi Panutan
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: 5 Alasan Pentingnya Perempuan Berdamai dengan Rasa Takut