Sukses

Parenting

4 Tips Mendidik Anak supaya Tidak Manja, Mulailah Sedini Mungkin

ringkasan

  • Beri Tanggung Jawab Pekerjaan di Rumah
  • Biasakan Berterima Kasih
  • Tidak Berlebihan dalam Memberi Pujian

Fimela.com, Jakarta Mendidik anak supaya tidak manja bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Apalagi karakter dan kepribadian setiap anak berbeda satu sama lain, maka kita sebagai orangtua juga perlu memilih dan memilah metode yang tepat untuk melatih anak jadi pribadi yang lebih mandiri. Walau mungkin penuh tantangan, mendidik anak supaya tidak manja bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana.

Kia bisa mengusahakan yang terbaik untuk memberi arahan dan didikan yang tepat untuk buah hati tercinta. Kita sebagai orangtua juga akan ikut terus belajar dari waktu ke waktu dalam mengasuh anak dan memberi pendidikan yang tepat untuk mereka. Berikut empat hal paling dasar yang bisa dicoba untuk mendidik anak supaya tidak manja.

1. Beri Tanggung Jawab Pekerjaan di Rumah

Dilansir dari verywellfamily.com, memberi anak pekerjaan di rumah yang sesuai dengan usianya bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab anak. Melatih anak menyapu rumah dengan benar, merapikan tempat tidur, atau mencuci piring bisa menjadi latihan yang baik untuk mengajarkan pentingnya tanggung jawab. Bantu anak untuk melakukan sebuah pekerjaan yang di rumah supaya mereka juga bisa memahami bahwa kita tak bisa selalu bergantung pada orang lain untuk melakukan sesuatu.

2. Biasakan Berterima Kasih

Kita bisa jadi panutan anak-anak dengan membiasakan berterima kasih dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak akan terbiasa berterima kasih bila sering melihat orangtuanya berterima kasih. Hal ini mungkin tampak sepele tapi bisa sangat membantu tumbuh kembang anak untuk tidak manja. Bisa menghargai usaha orang lain dan dengan senang hati juga mau membantu orang lain.

 

3. Tidak Berlebihan dalam Memberi Pujian

Memang ada pro dan kontra terkait pemberian pujian pada anak. Tapi satu hal terpenting dalam pemberian pujian adalah tidak berlebihan. Cobalah lebih selektif dalam pemberian pujian pada anak. Beri pujian atas usaha mereka saat berhasil melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Jadikan pujian sebagai semangat dan motivasi untuk membantu anak menjadi pribadi yang lebih baik. Bukan membuat anak menjadi terlalu dimanjakan.

4. Libatkan dalam Aktivitas-Aktivitas Sosial

Kita bisa melibatkan anak mengikuti aktivitas-aktivitas sosial. Bangun empati dengan melibatkan mereka untuk ikut aktif membantu orang-orang yang membutuhkan. Bisa dimulai dengan mengumpulkan mainan-mainan yang sudah tak dipakai tapi masih dalam kondisi bagus untuk disumbangkan, membuat kue untuk dibagikan ke para tetangga, dan lain sebagainya. Saat anak sudah familier dengan kegiatan yang membantu orang lain, ke depannya kecil kemungkinan dia akan menjadi anak yang manja.

Semoga tips-tips di atas bisa memberi tambahan referensi yang bermanfaat untuk mendidik anak supaya tidak manja, ya. Dengan usaha terbaik, kita pasti juga bisa memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak yang lebih optimal.

 

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Pentingnya Interaksi Sosial, Bahkan untuk Para Pemalu dan Introvert
Artikel Selanjutnya
4 Cara Buat Hubungan Cinta Semakin Dalam Setiap Hari